Sempat Tertunda, Transmigran Yogyakarta akan Diberangkatkan Pertengahan Desember 2021

Ilustrasi - Lahan pertanian .(Pixnio)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 8 Desember 2021 | 20:10 WIB

Sariagri - Lima kepala keluarga (KK) yang sudah terdaftar sebagai calon transmigran asal Kota Yogyakarta rencananya akan diberangkatkan ke daerah tujuan pada pertengahan Desember 2021. Mereka adalah calon transmigran yang seharusnya diberangkatkan pada 2020.

“Kami masih menunggu kepastian tanggal pemberangkatan ke daerah tujuan dari pusat. Namun, diperkirakan pada pertengahan Desember sudah bisa diberangkatkan,” ujar Kepala Seksi Penempatan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Rabu (8/12/2021).

Pemerintah pusat memutuskan tidak ada pemberangkatan transmigran pada tahun lalu karena masih pandemi COVID-19. Pada tahun 2021, seluruh calon transmigran asal Kota Yogyakarta akan ditempatkan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Di lokasi itu juga akan ditempatkan transmigran asal Jawa Barat dan Jawa Timur sehingga totalnya 21 KK.

“Kami sudah melakukan survei ke lokasi tujuan dan dipastikan kondisi lokasi penempatan sudah siap ditempati saat transmigran diberangkatkan,” katanya.

Pada Agustus, seluruh transmigran dari Kota Yogyakarta sudah menjalani pelatihan khususnya pertanian, perkebunan dan perikanan sebagai bekal memulai hidup di daerah baru.

Sebagian besar calon transmigran pada awalnya bekerja sebagai buruh. Nantinya mereka akan mendapat jaminan hidup dari Pemerintah Kabupaten Kapuas selama 1,5 tahun dan mendapat lahan seluas dua hektare untuk diolah.

“Sambil menunggu pemberangkatan, kami rutin memantau kondisi calon transmigran dari kesehatan hingga memastikan mereka tetap memiliki motivasi yang kuat untuk diberangkatkan,” katanya.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Transmigran Yogyakarta akan Diberangkatkan Pertengahan Desember 2021
Menyeimbangkan Penggunaan Nitrogen Jadi Tantangan Ketahanan Pangan Global

Pada saat ini Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta sudah membuka pendaftaran untuk calon transmigran yang akan diberangkatkan pada 2022. Namun, masih belum ada keputusan terkait jumlah kuota dan daerah tujuannya.

“Transmigrasi dilakukan secara sukarela sehingga saat mendaftar pun tidak ada unsur memaksa transmigran untuk mau diberangkatkan ke lokasi mana pun yang ada. Tetap harus didasari pada keikhlasan calon transmigran,” pungkasnya. 

Video terkait: