Dilanda Kekeringan Terburuk Sejak 70 Tahun, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Ilustrasi - Kekeringan dampak perubahan iklim.(Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 6 Juli 2022 | 17:55 WIB

Sariagri - Italia dilaporkan telah dilanda kekeringan terburuk sejak 70 tahun lalu. Akibatnya, pemerintah setempat mengumumkan keadaan darurat untuk lima wilayah di utara negara tersebut.

Pemerintah Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, mengumumkan keadaan darurat di Lombardy, Emilia-Romagna, Piedmont, Friuli Venezia Giulia dan Veneto karena curah hujan yang rendah dan kenaikan suhu yang telah menurunkan sungai terpanjang di negara itu ke rekor terendah.

"Ada dua kategori penyebab krisis air ini, pertama adalah defisit curah hujan tiga tahun terakhir. Curah hujan yang terjadi memang rendah, tentunya tidak hanya tahun ini, tapi juga tahun-tahun sebelumnya," kata Draghi saat jumpa pers.

"Kenaikan suhu secara umum juga berkontribusi; tidak ada keraguan bahwa perubahan iklim memiliki efek," tambahnya, seperti dilaporkan UPI.com.

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah di sepanjang Sungai Po, yang melintasi bagian utara Italia dari Pian del Re di Monte Viso ke Laut Adriatik dekat Venesia, dengan ketinggian air turun tiga perempat dari biasanya.

Menurut data Komisi Eropa, Sungai Po, yang terpanjang di Italia, melayani lebih dari setengah pertanian dan peternakan negara itu. Kondisi ini menurut kelompok tani kemungkinan akan menurunkan hasil panen mereka hingga lebih dari 30%.

"Untuk cekungan Po, ini adalah krisis air paling serius dalam 70 tahun terakhir, menurut analisis Otoritas Daerah Aliran Sungai Po," kata Draghi. Darurat kekeringan Italia juga mempengaruhi bagian tengah negara itu dengan tingkat air di Arno, Aniene dan Sungai Tiber Roma turun hingga setengahnya.


Sejumlah kota, termasuk Milan, telah menutup air mancur dekoratif mereka, sementara banyak daerah di sepanjang Sungai Po membatasi penggunaan air di siang hari dan mematikan air di malam hari. Beberapa kota harus memiliki truk air.

Baca Juga: Dilanda Kekeringan Terburuk Sejak 70 Tahun, Italia Umumkan Keadaan Darurat
Miris! Akibat Kekeringan Parah, 13 Juta Orang Terancam Kelaparan dan Ribuan Ternak Mati



Dewan Menteri Italia, yang akan menunjuk seorang komisaris khusus untuk mengatasi krisis air, telah menyisihkan $37,5 juta untuk membantu setiap daerah mengatasi kekurangan air dan untuk mengatasi masalah infrastruktur air dan kebocoran dari Sungai Po. "Inilah sebabnya, di Italia, biasanya ada tingkat kebocoran yang tinggi, kehilangan air: kita berbicara tentang 30% atau lebih," kata Draghi.

"Sebagai gambaran, total di Israel adalah 3% dan di negara-negara Eropa lainnya 5% hingga 8%. Rencana darurat tidak diragukan lagi diperlukan untuk menangani keadaan darurat ini sekarang," tandasnya.

Video Terkait