Jangan Memeluk atau Mencium Ayam, Ini Bahayanya!

Ilustrasi memeluk ayam. (Freepik)

Editor: M Kautsar - Jumat, 17 Juni 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Jika kamu memiliki ayam peliharaan di belakangan rumah, pastikan agar tidak sering melakukan kontak langsung, seperti memeluk atau menciumnya. Mungkin ini hal sederhana, tapi di AS, kebiasaan memeluk dan mencium ayam menyebabkan wabah penyakit salmonela yang serius.

Menurut situs laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), badan kesehatan tersebut telah mengeluarkan peringatan tentang wabah salmonella yang terkait dengan ayam di halaman belakang ini setiap tahun, setidaknya sejak 2011, termasuk peringatan agar tidak memeluk dan mencium ayam.

Namun tampaknya peringatan itu kerap tidak diindahkan, sehingga wabah salmonela kembali muncul. Investigasi terkini yang sedang berlangsung oleh badan tersebut telah menemukan 219 kasus penyakit di 38 negara bagian, termasuk 27 orang dirawat inap dan satu orang meninggal di Tennessee.

Karena itu 10 Juni lalu, CDC kembali mengeluarkan pernyataan media yang memperingatkan orang Amerika tentang wabah salmonella baru yang terkait dengan unggas di halaman belakang.  Tahun lalu pada 2021, CDC mencatat total 1.135 orang sakit karena kontak dengan unggas di halaman belakang,.

CDC menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang yang sakit adalah anak-anak di bawah 5 tahun. "Jangan biarkan anak-anak di bawah 5 tahun menyentuh unggas (termasuk anak ayam dan bebek) atau apa pun di daerah di mana unggas itu hidup dan berkeliaran," tulis CDC.

"Karena sistem kekebalan mereka masih berkembang, (dan mereka) lebih mungkin untuk memasukkan barang-barang ke dalam mulut mereka atau tidak mencuci tangan sepenuhnya," tulis CDC lagi.

Baca Juga: Jangan Memeluk atau Mencium Ayam, Ini Bahayanya!
Kenapa Daging Ayam Harus Disajikan dalam Kondisi Matang?



Sedangkan orang dewasa harus tahu lebih baik. Mereka harus mencuci tangan dan membersihkan peralatan yang digunakan saat berinteraksi dengan ternak mereka.

Dan yang penting, jangan mencium atau memeluk ayam atau unggas di halaman belakang atau meringkuk di dalam kandangnya, dan jangan makan atau minum di sekitar mereka. Kebiasaan ini dapat menyebarkan kuman Salmonella ke mulut Anda dan membuat Anda sakit, demikian CDC seperti dilansir Food and Wine.

Video Terkait