Ganti Muhammad Lutfi, Zulkifli Hasan Jadi Mendag

Presiden Jokowi lantik menteri perdagangan dan ATR di istana kepresidenan. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 15 Juni 2022 | 13:57 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan yang baru. Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengisi jabatan yang sebelumnya dipegang Muhammad Lutfi.

Dengan penetapan ini, Zulkifli Hasan akan kembali masuk dalam jajaran kabinet pemerintah. Sebelumnya, ia pernah tergabung kabinet pemerintahan Indonesia sebagai Menteri Kehutanan Republik Indonesia menggantikan Malem Sambat Kaban, yaitu sejak 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014.

Sementara itu, dari latar belakang pendidikan, Zulkifli Hasan menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. Kemudian, ia mengambil program sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1996.

Zulkifli Hasan melanjutkan pendidikannya dengan mengambil program pascasarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014–2019.

Baca Juga: Ganti Muhammad Lutfi, Zulkifli Hasan Jadi Mendag
Bakornas Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Dibubarkan

Pada masa jabatannya sebagai Menhut RI, ia telah dua kali menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa), yaitu yang pertama untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University (Seoul, Korea) dan yang kedua untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang (Semarang, Indonesia).

Selama tahun 2004–2009, ia berkiprah di lembaga legislatif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan selama tahun 2005–2010, ia memegang jabatan internal partai sebagai Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN).

Video Terkait