BMKG: Awal Musim Kemarau di Wilayah Sulawesi Utara Mundur

Ilustrasi - Musim kemarau. (Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 14 Juni 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi, Ben Molle mengatakan periode musim saat ini berada pada peralihan musim menuju kemarau. Menurut prakiraan, lanjut dia, awal musim kemarau di Sulawesi Utara mundur. 

"Perkiraan stasiun Klimatologi Minahasa Utara awal musim kemarau di Sulut secara garis besar mundur," ujar Ben di Manado, Selasa (14/6/2022).

Untuk Manado, awal musim kemarau diperkirakan pada bulan Agustus dasarian pertama. Sementara  Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan pada bulan Juli dasarian pertama.

"Mundur, secara normalnya rata rata pada periode 30 tahun, wilayah Sulut harusnya puncak kemarau pada bulan Agustus. Seperti tahun lalu, memasuki musim kemarau dimulai bulan Juni," jelasnya.

Baca Juga: BMKG: Awal Musim Kemarau di Wilayah Sulawesi Utara Mundur
Laporan Khusus: Fenomena Cuaca Panas yang Melanda Tanah Air



Dia mengingatkan hal yang harus diwaspadai saat musim peralihan, yaitu karakteristik hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di siang hingga malam hari. Ada juga petir atau kilat, dan terjadi sporadis tidak merata di semua wilayah.

Dia berharap, beberapa hari ke depan warga Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Selatan harus mewaspadai kondisi hujan sedang hingga lebat siang hingga sore hari.

Video Terkait