Canggih! Perusahaan Jerman Ini Ciptakan Sepeda dari Plastik Daur Ulang

Ilustrasi sepeda daur ulang (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 Juni 2022 | 17:20 WIB

Sariagri - Baru-baru ini perusahaan asal Jerman bernama Igus berhasil menciptakan sepeda yang terbuat dari bahan plastik daur ulang. Bahkan hal ini diklaim menjadi sepeda pertama dunia yangtak perlu dilakukan perawatan lantaran anti karat.

Mengutip dari laman resmi Igus, sepeda tersebut mulai bisa dipesan dan diproduksi pada akhir tahun 2022, lalu akan mulai dikirim ke rumah pembeli awal tahun 2023 mendatang.

Perusahaan itu sendiri sudah mengembangkan sepeda daur ulang selama bertahun-tahun, Hingga akhirnya sekarang telah menghadirkannya dengan konsep sepeda perkotaan yang ramah lingkungan, kokoh, dan tahan lama.

"Karena semua komponen terbuat dari plastik, tidak ada bagian dari sepeda yang berkarat, bahkan roda gigi,” ujar Frank Blase, CEO igus.

Frank mengungkapkan bahwa inovasinya ini seluruhnya terbuat dari plastik, mulai dari rangka, jok, hingga rantai. Ia mengklaim dengan material yang digunakan sepeda akan tahan di segala cuaca.

Adapun keungggulan dari sepeda baru ini adalah material plastik yang digunakan awalnya diperuntukan untuk sekali pakai saja. Namun dengan teknologi yang ia miliki, maka semuanya dimungkinkan. Frank menyebut bahwa plastik yang berada di pembuangan sampah di seluruh dunia kini menjadi sumber daya yang berharga.

Baca Juga: Canggih! Perusahaan Jerman Ini Ciptakan Sepeda dari Plastik Daur Ulang
Ini 5 Tantangan Indonesia dalam Mengolah Sampah Plastik

"Dari sampah plastik laut hingga plastik botol, konsep sepeda igus memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi produk ekologis berteknologi tinggi," terangnya.

Kedapannya, Frank mengatakan bahwa perusahaannya akan mengembangkan sepeda dari plastik daur ulang dalam versi lain, termasuk e-bike, yang juga seluruh materialnya terbuat dari bahan daur ulang.

Video Terkait