IKN Nusantara Naiknya Produksi Kerupuk Amplang Kabupaten Penajam

Rahma menunjukkan kerupuk amplang yang diproduksi Kelompok Mekar Jaya Kabupaten Penajam Paser Utara. (Antara)

Editor: M Kautsar - Rabu, 1 Juni 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Keberadaan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sepaku membuka peluang produksi kerupuk amplang di daerah berjuluk "Benuo Taka" itu.

"Kami rasakan dampak pindahnya ibu kota negara, bawa keuntungan bagi produksi amplang," ujar Ketua Kelompok Mekar Jaya Kabupaten Penajam Paser Utara, Rahma di Penajam, Rabu (1/6/2022).

Kelompok Mekar Jaya merupakan pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) beranggotakan lima orang ibu rumah tangga memproduksi kerupuk amplang berada di Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

Kelompok Mekar Jaya tersebut memproduksi kerupuk amplang ikan bandeng, amplang balado, amplang cumi dan amplang rendang yang dijual dengan harga Rp9.000 per bungkus.

Usaha kerupuk amplang yang digeluti sejak 2012 itu menurut dia, mampu memproduksi lebih kurang 140 kilogram atau 300 sampai 400 bungkus per pekan.

Produk UMKM kerupuk amplang telah menembus pasar modern lanjut dia, dengan kerja sama Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) serta ritel atau toko modern.

"Pindahnya ibu kota negara tentu saja menjadi peluang yang harus dimanfaatkan karena bisa buka peluang pasar lebih besar," ucapnya.

"Makin banyak orang datang ke wilayah Penajam Paser Utara karena pemindahan ibu kota negara, semakin besar peluang produk amplang laku dijual," tambahnya.

Dalam menghadapi meningkatnya permintaan konsumen dengan adanya IKN Nusantara tersebut, Rahma bersama anggota kelompoknya telah mempersiapkan diri dengan menambah hasil produksinya.

Baca Juga: IKN Nusantara Naiknya Produksi Kerupuk Amplang Kabupaten Penajam
Menkop UKM Tegaskan Pentingnya Rantai Pasok bagi UMKM



Selain menambah jumlah produksi jelas dia, juga menambah aneka macam rasa kerupuk amplang yang diproduksi agar memiliki daya jual yang besar.

Rahma meyakini kehadiran IKN Nusantara memiliki dampak yang besar terhadap pelaku UMKM di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Video Terkait