Jembatan Ditutup, Petani dan Pelajar Berjuang Melewati Sambil Angkat Sepeda

Jembatan Glendeng ditutup memaksa petani dan pelajar mengangkat sepeda mereka. (Instagram)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 26 Mei 2022 | 12:50 WIB

Sariagri - Jembatan Glendeng, penghubung antara Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, Jawa Timur yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo, ditutup total.

Akibatnya, kawasan yang berada di Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, kendaraan roda dua dan roda empat tak bisa melintas hingga harus memutar ke jalur alternatif, jika ingin ke Tuban-Bojonegoro atau sebaliknya.

Meski demikian, sejumlah petani dan pelajar di kawasan tersebut tetap nekat melewati jembatan tersebut. Alhasil, mereka harus rela mengangkat sepeda yang mereka gunakan melewati beton yang melintas di ujung jembatan.

Momen ini terekam dalam sebuah video amatir yang diambil seorang warga. Video itu pun viral usai diunggah akun instagram @terangmedia.

Dalam video terlihat sejumlah petani dan pelajar berbondong melewati Jembatan Glendeng. Mereka mengendarai sepeda pancal saat melewati jembatan.

Ketika berada di ujung jembatan, mereka harus mengangkat sepeda mereka agar bisa melewati beton pembatas yang menutup akses jembatan.

Para petani yang sebagian besar perempuan itu mengangkat sepeda mereka sendiri. Begitu juga dengan para siswi yang ingin bersekolah.

Hal itu diketahui dilakukan saat jam berangkat dan pulang. Diduga hal itu terpaksa dilakukan karena mereka takut jika harus menyeberangi bengawan.

Untuk diketahui, jembatan penghubung Tuban-Bojonegoro itu mengalami keretakan konstruksi pada awal November 2020. Hal ini terjadi, dikarenakan bagian penahan tanah jembatan sisi utara yang amblas akibat abrasi sungai di sekitar lokasi hingga menyebabkan jembatan terputus.

Lalu setelah perbaikan selesai, Jembatan Glendeng dibuka kembali pada Jumat (4/2/2022). Sayangnya, Jembatan Glendeng ditutup lagi pada Minggu (27/2/2022), setelah timbul keretakan pada konstruksi bawah jembatan.

Baca Juga: Jembatan Ditutup, Petani dan Pelajar Berjuang Melewati Sambil Angkat Sepeda
Viral Video Warga Tanam Padi di Tengah Jalan, Begini Alasannya

Saat ini, status Jembatan Glendeng masih dalam pemeliharaan oleh rekanan sampai Juli 2022. Video petani dan pelajar yang melewati jembatan ini viral dan mendapatkan sejumlah komentar dari warganet.

"Tetap semangat di saat masyarakat kufukilan hilang akal sehat," ujar salah satu warganet.

"Jembatannya rusak?," tanya yang lain.

"Semoga pelimpahan aset ke Prov. Jatim dari PUPR Kab. Bojonegoro & Tuban segera ditindaklanjuti. segera aktivitas pulih kembali," harap warganet.

Video Terkait