Sederet Parasit Paling Berbahaya bagi Manusia, Perlu Diwaspadai!

Ilustrasi Parasit Lintah (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 30 Mei 2022 | 17:10 WIB

Sariagri - Parasit merupakan mikroorganisme yang hidup bergantung dengan organisme lain. Sebagian parasit tidak berbahaya, sedangkan tidak sedikit juga parasit yang dapat hidup dan berkembang di dalam tubuh manusia kemudian menyebabkan infeksi.

Ada beberapa jenis parasit yang sangat dianggap berbahaya bagi manusia. Bahkan, beberapa parasit ini bisa menyebabkan kematian jika tak segera mendapat penanganan.

Parasit masuk ke tubuh manusia melalui banyak cara, mulai dari makanan, air, infeksi, pernapasan, dan kontak seksual. Meski ada ribuan parasit yang bisa masuk ke tubuh manusia, namun di antaranya ada yang benar-benar berbahaya.

Berikut jenis parasit berbahaya yang bisa masuk ke tubuh manusia, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Bedbugs

Bedbugs adalah kutu kecil yang biasanya kita dapat temukan di sekitar kasur. Umumnya, kutu ini akan aktif mencari makan pada malam hari.

Tak bisa dipungkiri, terkadang kamu mungkin merasa seperti digigit semut, padahal bisa jadi kamu digigit bedbugs. Jika kamu terkena gigitannya, biasanya akan terjadi iritasi dan bentuk kemerahan yang muncul.

Yang perlu kamu waspadai, bedbugs dapat bertahan dalam jangka waktu lama, juga dapat bertelur lebih dari 500 biji selama hidupnya.

2. Leeches

Leeches atau yang lebih kita kenal sebagai lintah penghisap darah merupakan cacing tersegmentasi yang berelasi dekat dengan cacing tanah biasa.

Jenis lintah ini biasanya berada di daerah perairan tenang dan di daratan yang lembab. Metode yang biasanya dipakai untuk menempel di inangnya adalah dengan menunggu di tanah.

Setelah menempel, leeches akan menggunakan bagian penghisap di mulutnya, lalu akan mengeluarkan sejenis lendir untuk menempel di inangnya.

3. Ticks

Ticks umumnya berada di dalam semak belukar dan rerumputan. Jika menempel pada manusia, tempat yang ticks sukai adalah kulit kepala. Keberadaannya sangat sulit dideteksi, bahkan sampai berminggu-minggu.

Bahaya dari jenis parasit ini, ticks akan menyebarkan berbagai jenis macam penyakit. Penyakit yang paling dikenal merupakan Rocky Mountain spotted fever dan penyakit Lyme.

4. Mites

Mites atau tungau kantung rambut biasanya akan melepaskan lendir berminyak ke rambut dan kulit kepala manusia. Jika ini terjadi dapat menyebabkan kudis. Terparahnya, parasit mikroskopik ini dapat menyebabkan gatal-gatal yang luar biasa dan jejak merah pada daerah terinfeksi.

5. Human Botflies

Botfly itu istilah yang diberikan untuk spesies lalat yang larvanya hidup sebagai parasit. Spesies ini akan menangkap nyamuk dan bertelur pada tubuh nyamuk tersebut.

Setelah menetas, nyamuk-nyamuk ini akan menggigit manusia, dan telurnya akan masuk ke dalam tubuh manusia itu, lalu menetas. Dalam tubuh manusia, belatung-belatung itu akan bertahan selama 5-6 minggu.

Selama itu, mereka akan membuat lubang agar dapat keluar. Pada tahap ini, jika tetap tidak terdeteksi, belatung-belatung itu akan keluar dari lubang kecil yang telah dibuatnya.

6. Tapeworms

Tapeworm merupakan cacing pita dan merupakan parasit usus yang dapat menular ke manusia melalui daging mentah yang belum diolah.

Gejala infeksi cacing ini sangat sulit dideteksi karena tidak ada gejala luar yang mengindikasikan infeksi. Lebih menyeramkannya lagi, cacing pita bisa tumbuh sampai 30 kaki atau sekitar 9,14400 meter.

Baca Juga: Sederet Parasit Paling Berbahaya bagi Manusia, Perlu Diwaspadai!
Dijamin Subur, Begini 5 Langkah Menanam Bunga Matahari di Rumah

7. Hookworms

Parasit ini merupakan jenis cacing tambang yang dapat menginfeksi manusia melalui sisa kotoran di tanah. Jika berkontak dengan manusia, biasanya lewat kaki, cacing ini akan menembus masuk menuju pembuluh nadi, masuk ke jantung, dan akhirnya ke paru-paru.

Setelah masuk ke paru-paru, kadang-kadang parasit ini terbuang lewat lendir ketika si inang batuk. Jika dibiarkan begitu saja, cacing ini bisa menyebabkan penyakit serius, seperti anemia, diare, konstipasi, dan kelelahan.

Video Terkait