Viral Makam Kecil di Tepi Jalan yang Ternyata Kuburan Kucing Raja

Makam Kucing Raja. (Sariagri/Twitter @mwv_mystic)

Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Bagi kamu yang pernah melintasi di sudut jalan Solo baru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah mungkin tak asing dengan monumen berukuran kecil yang berada di atas trotoar.

Monumen tersebut menyerupai sebuah kijing, yang mana dalam tradisi Jawa merupakan sebuah penutup makan yang terbuat dari semen dan batu pualam. Rupanya, monumen itu memang merupakan makam mini lengkap dengan batu nisannya.

Baru-baru ini akun Twitter @mwv_mystic mengungkap fakta menarik tentang makam yang terletak tidak jauh dari bundaran Tanjunganom, Grogol tersebut.

Akun tersebut mengatakan bahwa makam tersebut bukanlah makam seorang pesohor atau orang yang berjasa di daerah tersebut, melainkan makan seekor kucing bernama Nyai Sembro atau Nyai Tembong.

Makam Kucing Raja. (Sariagri/Twitter @mwv_mystic)
Makam Kucing Raja. (Sariagri/Twitter @mwv_mystic)

Dahulu, saat area tersebut masih merupakan persawahan makam Nyai Sembro kerap dikunjungi para petani di sekitar Solo dan Sukoharjo. Mereka berziarah ke makam Nyai Sembro saat memasuki masa panen dengan harapan sawah mereka tak diserang hama tikus.

Baca Juga: Viral Makam Kecil di Tepi Jalan yang Ternyata Kuburan Kucing Raja
Viral Wanita Lepas Hijab untuk Dijadikan Kain Kafan Kucing yang Mati

Seiring berjalannya waktu dan pembangunan jalan, aktivitas tersebut sudah tak dilakukan. Tetapi, warga sekitar Tanjunganom mengaku makam kucing kesayangan Raja Pakubuwono X itu masih saja diziarahi orang dari luar kota.

“Pada makam itu terkubur Nyai Sembro, kucing kesayangan Raja Pakubuwono X yang berjenis Candramawa (persia hitam dengan corak putih),” tulis keterangan unggahan tersebut, dikutip Sariagri, Sabtu (21/5).

Video Terkait