Jokowi Bebaskan Masker di Luar Ruangan, IDI Buka Suara

ilustrasi masker. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 18 Mei 2022 | 14:50 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan. Keputusan ini diambil berdasarkan sejumlah aspek. Diketahui, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia disebut semakin terkendali dalam beberapa waktu terakhir.

Namun, Jokowi menekankan masyarakat yang masuk kategori rentan, lanjut usia dan memiliki komorbid tetap disarankan menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam atau luar ruangan. Termasuk mereka yang flu, pilek dan batuk.

Menanggapi hal itu, Pakar IDI Prof Zubairi Djoerban menyetujui adanya kebijakan lepas masker di ruang terbuka atau luar ruangan. Kendati demikian, ada peringatan di balik sikap setuju tersebut.

“Setuju saja dengan kebijakan lepas masker, dan tidak perlu mendramatisir hal ini. Hanya karena mandat dicabut, bukan berarti harus berhenti pakai masker,” tulisnya dalam akun Twitter @ProfesorZubairi.

Prof Zubariri mengatakan bahwa kebijakan tesebut harus jadi momentum untuk kita semua untuk punya kesadaran tentang pola hidup sehat, termasuk pakai masker yang efektif cegah virus menular.

Meski menyetujui adanya kebijakan tersebut, Prof Zubairi memberi catatan bahwa idealnya kebijakan tersebut mulai diterapkan pada bulan depan dengan melihat terlebih dahulu bagaimana dampak dari mudik.

“Dan, saya harap, pelacakan kontak dan tes tetap dilakukan. Tidak jadi kendor. Saya optimistis tidak lama lagi Indonesia akan memasuki fase endemik,” pungkasnya.

Video Terkait