Gawat! Ternyata Manusia Rata-rata Makan 5 Gram Plastik Per Minggu

Ilustrasi Mikro Plastik (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 18 Mei 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Isu akan kerusakan alam kian hari kian memanas. Sebenarnya, tanpa disadari, kerusakan alam yang terjadi tak lain karena perbuatan manusia sendiri.

Contohnya saja seperti penggunaan plastik yang sulit untuk lepas dari berbagai aspek kehidupan. Memang penggunaan plastik saat ini sudah sangat dikurangi.

Meski sudah dikurangi, tanpa kamu ketahui bahwa kandungan plastik dalam ukuran yang sangat kecil masuk ke dalam tubuh. Partikel plastik atau disebut juga mikroplastik, masuk ke tubuh manusia lewat limbah yang ditemukan di garam laut, makanan laut, atau bahkan air minum.

Dilansir dari New York Post, diketahui bahwa manusia menelan setidaknya 5 gram mikroplastik setiap minggunya. Jumlah itu sendiri sama dengan sekitar sebuah kartu ATM.

Temuan mengejutkan ini didasari pada penelitian yang dilakukan oleh University of Newcastle, Australia dan World Wildlife Fund for Nature (WWF).

"Untuk pertama kalinya, hasil penelitian ini menyebut perkiraan yang tepat dari jumlah plastik yang ditelan manusia," ungkap Dr Thava Palanisami yang terlibat dalam penelitian ini.

Peneliti menganalisis lebih dari 50 penelitian mengenai mikroplastik. Diketahui bahwa sebagian besar dari dua ribu partikel yang ditelan setiap minggu muncul dari air minum sehari-hari.

Jika masuk ke dalam tubuh manusia, maka partikel tersebut bisa menyebabkan sejumlah penyakit metabolik seperti obesitas, diabetes hingga penyakit hati kronik.

Baca Juga: Gawat! Ternyata Manusia Rata-rata Makan 5 Gram Plastik Per Minggu
Potensi Larva Lalat Tentara Hitam Sebagai Sumber Protein Ternak

Bukan cuma bisa bikin sakit, isu ini juga sulit dihindari. Pasalnya minum air dalam air botol plastik saja diperkirakan ada 90.000 mikroplastik per tahun yang masuk dalam tubuh.

Hal yang sama juga berlaku untuk air keran, meski jumlahnya tak sebanyak air botol kemasan. Minum air keran bisa memasukkan sekitar 40.000 partikel plastik ke tubuh setiap tahun.

Karena hal itu, efek kesehatan ini pun disebut-sebut bisa jadi masalah di generasi muda di masa depan.

Video Terkait