Siswa SMAN 5 Bandar Lampung Diterima IPB Lewat Jalur Ketua Osis

Fadhil Siswa SMAN 5 Bandar Lampung diterima IPB. (Smartnews)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 11 April 2022 | 18:02 WIB

Sariagri - Prestasi SMAN 5 Bandar Lampung semakin melejit. Seperti baru-baru ini, 99 siswa diterima menjadi mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di sejumlah PTN di Indonesia.

Jumlah itu terbanyak se-Bandar Lampung. Selain 99 siswa tersebut, ternyata ada satu siswa sekolah yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Way Dadi Baru, Kecamatan Sukarame, diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB). Namun siswa tersebut diterima sebagai mahasiswa baru lewat jalur ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Dia adalah M Fadhil Mubarok. Sebelumnya Fadhil – sapaannya itu – menjabat sebagai ketua OSIS SMAN 5 Bandar Lampung pada periode 2020/2021. Siswa ini, merupakan salah satu siswa SMA di Provinsi Lampung yang diterima melalui jalur tersebut.

Menukil dari smartnews, Fadhil menceritakan atas keberhasilannya bisa menembus IPB lewat jalur ketua OSIS. Menurutnya, keinginan menjadi mahasiswa di IPB sudah diimpikan sejak lama, tepatnya saat menginjak sebagai siswa di SMAN 5 Bandar Lampung.

Fadhil mengatakan, butuh perjuangan dan persiapan matang sebelum memberanikan diri mendaftar sebagai calon mahasiswa di IPB pada jalur tersebut, Meski ia sudah menjabat sebagai ketua OSIS. Hal utama yang dipersiapkan adalah memaksimalkan nilai rapor selama sekolah.

Kedua, ujar siswa kelahiran Bandar Lampung 13 November 2003, ini adalah mencari prestasi terutama prestasi pada program kerja selama menjabat sebagai ketua OSIS di SMAN 5 Bandar Lampung. Prestasi tersebut menjadi pertimbangan pihak IPB dalam menjaring calon mahasiswa.

“Pada penilaian penerimaan mahasiswa di jalur itu adalah salah satunya saya diminta membuat tulisan esai. Ketika itu saat saya duduk di kelas 11 atau masih menjadi ketua OSIS. Tulisan saya itu ternyata dinilai berkualitas,” ujar pria yang bercita-cita menjadi pengusaha di bidang pertanian ini.

Di IPB, ujar putra pasangan dari Ilham Yunizar dan Ibu Ardawati ini, ia diterima pada Jurusan Agribisnis. Jurusan tersebut merupakan salah satu program studi yang paling diminati di IPB. Menurutnya, jurusan tersebut sudah sesuai dengan keinginan.

“Sebelumnya saya memilih dua jurusan saat seleksi yakni Teknik Sipil dan Lingkungan serta Agribisnis. Alhamdulillah saya diterima pada jurusan Agribisnis. Ini rezeki saya kuliah di IPB dan insyaallah saya siap menempuh pendidikan di sana,” kata Fadhil yang memiliki hobi berenang ini.

Baca Juga: Siswa SMAN 5 Bandar Lampung Diterima IPB Lewat Jalur Ketua Osis
Lindungi Warga NTT dari Belalang, Tani Center IPB Galang Solidaritas

Sementara Kepala SMAN 5 Bandar Lampung Dra. Hj. Hayati Nufus, M.Pd yang diwakili Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Eliyawati, M.Pd, bangga atas keberhasilan Fadhil yang mampu diterima sebagai mahasiswa di IPB lewat jalur ketua OSIS.

Ia berharap, keberhasilan Fadhil menjadi motivasi bagi generasi siswa selanjutnya. “Fadhil adalah siswa kami yang kedua diterima di IPB lewat jalur ketua OSIS. Sebelumnya tahun lalu juga ada satu siswa kami yang diterima melalui jalur serupa. Selamat buat Fadhil atas keberhasilan ini,” pungkasnya.

Video Terkait