70 Ribu Massa Hadiri Puncak Acara Hari Buruh di GBK Berakhir Kondusif

Massa Demo Buruh di GBK. (Sariagri/Arif Ferdianto)

Editor: Reza P - Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Hari ini ratusan ribu buruh melakukan demo di depan gedung DPR dan MPR dalam rangka memperingati Hari Buruh (May Day). Usai menyampaikan tuntutannya di DPR, massa kemudian bergerak ke Gelora Bung Karno (GBK) sebagai puncak acara.

Demo buruh yang mengusung tema May Day Fiesta ini berlangsung sejak pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB di GBK.

“Kita start dari jam 9 langsung ke DPR dulu, sampai DPR kita melakukan orasi, setelah sampai pukul 12 langsung kita merapat kesini, karena memang agenda utamanya di sini,” ujar massa aksi dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) DKI Jakarta, Helmi saat ditemui Sariagri, di GBK, Senayan, Sabtu (14/5).

Helmi mengungkapkan salah satu tuntutan pada May Day tahun ini untuk mencabut kebijakan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus law). Menurutnya, kebijakan tersebut tidak berdasarkan dengan konstitusi (inkonstitusional).

Baca Juga: 70 Ribu Massa Hadiri Puncak Acara Hari Buruh di GBK Berakhir Kondusif
Harga Pangan Naik 300 Persen, Demonstrasi Besar-besaran Terjadi

“Untuk aturan omnibus law harus segera dicabut, karena memang itu sudah inkonstitusional. Karena memang dari Mahkamah sudah memutuskan untuk dibatalkan kenapa ini masih diberlakukan,” katanya.

Lebih lanjut Helmi menambahkan bahwa selama demo berlangsung berjalan dengan kondusif tidak ada suatu hal yang tidak diinginkan. Dia menyebutkan, target dari May Day tahun ini sebanyak 100.000 orang, namun menurut pantauan dihadiri sekitar 70 persennya.

“Target 100 ribu kemungkinan hampir 70 persennya merapat kesini,” jelasnya.

Video Terkait