Wacana ASN Work from Anywhere, Warganet: Di Kantor Aja Kadang Hilang

Ilustrasi ASN. (Sariagri/Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:30 WIB

Sariagri - Wacana pemerintah menerapkan sistem kerja work form anywhere (WFA) atau bekerja dari mana saja bagi aparatur sipil negara (ASN) mendapat banyak reaksi penolakan dari warganet. Menerut mereka, kebijakan ini mengada-ada saja.

Pemerintah sendiri ingin mengkaji wacana tersebut dikarenakan berkaca dari adanya work from home bagi ASN di masa pandemi Covid-19 yang terbukti berjalan dengan baik.

Tidak sedikit warganet yang tidak setuju dengan wacana tersebut. Mereka menilai ASN sebaiknya kerja di kantor saja, apalagi suasana pandemi sudah berangsur-angsur membaik.

Baca Juga: Wacana ASN Work from Anywhere, Warganet: Di Kantor Aja Kadang Hilang
Mudah! Begini Cara Bikin Kompor dari Barang Bekas Pakai Minyak Jelantah

"Kerja di kantor aja kadang ilang-ilangan , apalgi kalo kaya begitu," tulis salah satu warganet.

"Makin males, di kantor aja banyak yg ngadi-ngadi, hahahaha," canda warganet lainnya.

Sebelumnya, anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid memandang wacana work from anywhere (WFA) bagi aparatur sipil negara (ASN) belum tepat dilakukan untuk sekarang ini. Sebab, masih banyak hal yang harus dilakukan jika WFA diterapkan.

"Saya kira belum tepat, belum tepat untuk diberlakukan. Masih banyak hal yang harus disiapkan," kata Anwar.

Anwar menjelaskan beberapa hal yang harus disiapkan bilamana WFA bakal diterapkan kepada ASN. Mulai dari kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari ASN itu sendiri apalagi sudah bisa melakukan digitalisasi.

Video Terkait