Dua Isu Penting Ini yang Akan Dibahas Jokowi dan Kamala Harris

Presiden Joko Widodo di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat. (Antara/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 13 Mei 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membahas isu kesehatan dan kerja sama maritim dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris dan para pemimpin ASEAN dalam rangkaian lanjutan kegiatan KTT ASEAN-Amerika Serikat, di Washington DC, Jumat (13/5/2022) waktu setempat.

"Besok, 13 Mei 2022, Bapak Presiden akan menghadiri undangan working lunch dengan Wakil Presiden Harris yang akan membahas isu kesehatan dan kerja sama maritim," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam keterangan yang disiarkan di kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat WIB.

Sesudah itu, kata dia, Jokowi akan mengikuti agenda lanjutan KTT AS-ASEAN yakni diskusi mengenai perubahan iklim yang juga akan dipimpin Harris. "Utusan Khusus AS untuk Perubahan Iklim John Kerry dan beberapa menteri Amerika Serikat juga akan hadir," ujar Marsudi.

Berdasarkan jadwal KTT ASEAN-AS di situs resmi Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, acara santap siang bersama Harris dijadwalkan berlangsung pada Jumat waktu setempat mulai pukul 11.30 atau 22.30 WIB.

Sedangkan diskusi mengenai perubahan iklim dijadwalkan dimulai pukul 13.30 Jumat waktu setempat atau 00.30 Sabtu dini hari WIB, yang rencananya dihadiri pula oleh Menteri Transportasi Amerika Serikat, Pete Buttigieg, Menteri Energi Amerika Serikat, Jennifer M Granholm, serta Administrator Badan Perlindungan Lingkungan Hidup (EPA), Michael S Regan.Baca Juga: Dua Isu Penting Ini yang Akan Dibahas Jokowi dan Kamala Harris
Jokowi Hentikan Ekspor Minyak Goreng, Negeri Bollywood 'Bergoyang'



Selain perubahan iklim diskusi itu juga akan membahas transformasi energi bersih serta pembangunan infrastruktur berazas berkelanjutan.

Pada sore harinya, Jokowi kemudian akan menghadiri acara puncak KTT ASEAN-Amerika Serikat bersama Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang sebelumnya sudah ditemui dalam jamuan makan malam di Gedung Putih pada Kamis (12/5/2022) waktu setempat.


Video Terkait