Jangan Ditunda, Berikut Tips Gaya Hidup Sehat yang Harus Dijalani

Ilustrasi Sayuran (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 13 Mei 2022 | 18:25 WIB

Sariagri - Berusaha menjalani gaya hidup sehat adalah hal baik. Perlu diperhatikan bahwa menjalani hidup sehat tidak perlu menunggu sesudah tahun baru atau sesudah Lebaran setelah makan makanan banyak dan berminyak.

Sebagian besar dari kita mengabaikan sejumlah hal ketika mempertahankan gaya hidup sehat. Beberapa dari kita bahkan tidak mempertimbangkan untuk melakukan upaya ekstra untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan sehat.

Meski selalu sulit untuk keluar dari kebiasaan lama, namun gaya hidup sehat dapat memberikan energi yang maksimal, meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Jangan Ditunda, Berikut Tips Gaya Hidup Sehat yang Harus Dijalani
Panduan 'Isi Piringku' Bantu Cegah Kelebihan Berat Badan Hingga Obesitas



Mengutip Health Status, berikut cara mempertahankan pola hidup sehat.


1. Jangan Melewatkan Sarapan

Sebagian besar dari kita, terutama remaja, memiliki kebiasaan melewatkan sarapan. Mereka yang tidak makan sarapan lebih cenderung merasa sedih dan lelah sepanjang hari.

Sarapan dianggap sebagai salah satu makanan penting untuk memulai hari karena berbagai alasan bagus. Kamu mengisi kembali pasokan glukosa untuk meningkatkan tingkat energi. Sarapan juga memberikan nutrisi penting untuk kesehatan.

Menurut banyak penelitian, sarapan yang seimbang tidak hanya meningkatkan tingkat energi tetapi juga meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi dan meningkatkan produktivitas.

2. Sertakan Sayuran dan Buah-buahan dalam Menu Makan

Menambahkan sayuran dan buah-buahan adalah cara sempurna untuk memulai rutinitas yang sehat. Buah-buahan dan sayuran seperti sayuran berdaun hijau mengandung sejumlah besar nutrisi seperti antioksidan dan vitamin.

Antioksidan meningkatkan kesehatan kulit, melawan penyakit mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Studi medis yang berbeda merekomendasikan makan sayuran dan buah-buahan secara teratur memberi energi untuk melakukan tugas sehari-hari.

3. Olahraga

Latihan fisik adalah apa yang kamu butuhkan untuk mempertahankan gaya hidup sehat yang baik. Olahraga menjaga tubuh tetap berada di berat badan yang sehat.

Olahraga juga membantu menghilangkan lemak tubuh ekstra dan menurunkan risiko penyakit, termasuk diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan banyak lagi.

4. Kurangi Asupan Gula dan Garam

Hampir lebih dari lima puluh persen orang memiliki masalah tekanan darah tinggi dan asupan garam yang tinggi menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular.

Sebagian besar dari kita mengeluh bahwa garam adalah bahan utama dari hampir semua makanan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi asupan garam dalam makanan:

  • Saat berbelanja, kamu bisa memilih makanan dengan jumlah natrium yang rendah.
  • Saat memasak, garam bisa diganti dengan bumbu lain dan menambah variasi rasa.

Di sisi lain, asupan makanan manis bisa berbahaya bagi kesehatan karena gula mengandung kalori. Kalori berlebih sangat berbahaya bagi mereka yang menderita diabetes atau kondisi terkait.

5. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Mempertahankan dan mencapai berat badan yang sehat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Jika kamu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, kamu berisiko tinggi terkena masalah kesehatan serius, termasuk diabetes, penyakit jantung, masalah pernapasan, kanker tertentu, dan batu empedu.

Itulah mengapa menjaga berat badan yang baik dan sehat penting karena membantu menurunkan risiko masalah tersebut. Juga, ketika berada dalam bentuk tubuh yang baik, kamu merasa percaya diri dan juga memberi kamu lebih banyak energi.

Video Terkait