5 Cara Ini Dapat Menghilangkan Rasa Gerah Akibat Cuaca Panas

Ilustrasi suhu panas. (Antara)

Editor: Putri - Rabu, 11 Mei 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Akhir-akhir ini pasti kita semua merasakan cuaca panas yang menusuk. Cuaca panas ini ternyaa terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut data hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimum di sejumlah wilayah Indonesia terukur berkisar antara 33-36,1 derajat Celsius selama periode 1 hingga 7 Mei 2022.

Cuaca panas tersebut pasti begitu mengganggu dan kadang membuat kita enggan beraktivitas. Mengutip WebMD, berikut cara untuk menghilangkan rasa gerah karena cuaca panas.

1. Banyak Minum Air Putih

Agar tetap terhidrasi di hari yang terik ini, kamu harus minum air. Isi botol minumanmu beberapa jam sebelum bepergian. Bawalah sebotol air ke mana pun kamu pergi. Cobalah untuk minum sekitar 10 tegukan dari botol air setiap 15 menit sekali.

2. Pilih Tempat Tidur yang Tepat

Pilihlah seprai yang tepat agar tidak merasakan panas saat tidur. Katun atau linen paling baik agar udara masuk, membuat kamu tetap nerasa sejuk dan menghilangkan keringat berlebih.

3. Mandi Air Dingin

Mandi atau bahkan menyeka badan dengan air dingin juga akan berhasil menghilangkan rasa gerah karena cuaca panas. Cara ini membantu mendinginkan tubuh.

Tidak haya air dingin, air hangat juga bisa karena kamu akan merasa dingin saat air menguap dari kulit dan rambut. Tetapi cobalah untuk tidak terlalu sering mandi dengan air panas.

Baca Juga: 5 Cara Ini Dapat Menghilangkan Rasa Gerah Akibat Cuaca Panas
Kekeringan Masuk Tahun ke-13, Chili Akan Jatah Pemakaian Air

4. Gunakan Kompres Es

Jika kamu sangat keopanasan, kamu bisa menggunakan kompres es atau basahi handuk dengan air dingin dan letakkan di "titik nadi" seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, lekukan siku, dan bagian belakang lutut. Lakukan hanya selama 20 menit sekali.

5. Pakai Tabir Surya

Kulit yang terbakar sinar matahari dapat membuat kamu dehidrasi dan membuat tubuh lebih sulit untuk mendinginkan diri.

Kenakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam saat kamu berada di luar, terutama di bawah sinar matahari langsung. Tutupi kulit yang terbuka dengan tabir surya. Pakai SPF 30 atau lebih tinggi sekitar 30 menit sebelum pergi keluar.