Tips Outfit Lebaran yang Bikin Gaya Kamu Makin Kece

Ilustrasi outfit lebaran (Foto Antara)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 29 April 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Fashion Influencers Soraya Ulfa membagikan sejumlah tip padu padan (mix and match) outfit lebaran agar tampil beda stylish dan trendy sekaligus tetap segar di Hari Raya Idul Fitri.

"Tren fesyen khususnya untuk Ramadan sebenarnya sangat beragam. Kita bahkan bisa mix and match dengan beragam style, seperti boyish hingga edgy sekalipun," kata Soraya seperti dilansir Antaranews.

Berikut lima kiat mudah padu padan outfit Lebaran versi Soraya:

Pemilihan bahan yang nyaman menjadi hal yang perlu diperhatikan:

"Pemilihan bahan menjadi hal yang krusial, loh! Apalagi selama hari raya lebaran kan biasanya kita akan berkunjung dan bersilaturahmi dengan saudara dan teman-teman, sehingga pakaian yang kita pakai nggak boleh bikin ribet diri sendiri," kata Soraya.

Pemilihan bahan yang tepat menjadi salah satu faktor utama dalam mempercantik penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Maka dari itu, kenali bahan apa yang ingin digunakan, seperti bahan katun, linen, satin, sifon, brokat, dan lainnya.

Bahan brokat, yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang, memiliki pola motif kaya akan dekorasi dan material kain yang tidak mudah kusut sehingga dapat menciptakan kesan mewah dan tetap on point walaupun di tengah banyaknya aktivitas.

Selain itu, bahan satin juga dapat menjadi opsi untuk memberikan looks shiny dan elegan. Kain satin memiliki tekstur yang lembut di kulit sehingga menciptakan kenyamanan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jika kamu menyukai bahan baju lebaran yang ringan, linen atau katun dapat menjadi solusinya. Selain mudah menyerap keringat, bahan ini juga memberikan rasa sejuk.

Agar tak monoton dan menampilkan kesan edgy, tambahkan fashion statement kesukaan

Kamu dapat menambahkan fashion statement yang unik seperti sepatu boots, blazer, ataupun aksesoris yang telah dimiliki. Fashion item tersebut dapat dicoba untuk memadupadankan gaya berpakaian.

"Kalau di sini, karena aku suka dengan sepatu combat boots, aku coba kombinasikan dengan maxi dress dan aku pakai pashmina supaya memberikan kesan edgy ketika bersilaturahmi dengan sanak saudara nanti," tutur Soraya.

Tak masalah pakai warna hitam saat Lebaran

Tidak menjadi masalah jika kamu mengenakan outfit lebaran berwarna hitam saat Idul Fitri, misalnya kamu bisa mengenakan dress hitam dengan aksen loose untuk penampilan yang simpel.

Agar tidak terlihat terlalu gelap, kenakan hijab dengan warna yang lebih muda seperti abu-abu muda atau warna-warna earth tone lainnya, bahkan warna-warna cerah sekalipun.

"Outer pleats warna gelap ataupun dress kerut sekarang lagi jadi tren yang digemari banyak orang, loh! Cocok untuk memberikan penampilan yang lebih ramping juga," kata Soraya menambahkan.

Gunakan hijab pashmina agar penampilan bisa lebih eye catching

Pashmina dapat menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin bergaya simpel dan minimalis. Terlebih saat ini telah banyak tersedia pashmina di pasaran dengan warna-warna ceria yang dapat memberi sentuhan gaya trendy dan fresh.

Baca Juga: Tips Outfit Lebaran yang Bikin Gaya Kamu Makin Kece
Warga Garut bersiap meriahkan Siap Dimeriahkan Warga Garut Saat Lebaran

Soraya sendiri lebih menyukai mengenakan pashmina karena merasa cocok untuk bentuk wajah bulat seperti dirinya. Mengenakan pashmina, lanjutnya, dapat menunjukkan garis wajah lebih tegas.

"Selain itu, karena aku adalah orang yang memiliki banyak aktivitas, menggunakan pashmina bisa membantuku untuk lebih bebas bergerak,” tutup Soraya.