BAZNAS Bersama Lotte Grosir Bagikan Paket Ramadhan Bahagia

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Lotte Grosir menyalurkan Paket Ramadhan Bahagia. (Dok. Baznas)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 27 April 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Lotte Grosir menyalurkan Paket Ramadhan Bahagia yang berisi paket sembako serta alat shalat kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di Lotte Grosir Pasar Rebo, Jakarta, Selasa (26/4).

Acara penyerahan paket Ramadhan Bahagia serta Penandatangan Perpanjangan Kerja Sama dihadiri oleh Deputi I BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta, Direktur Marketing PT. LOTTE Shopping Indonesia Evi Lionawan, serta Direktur Pengumpulan BAZNAS Faisal Qosim.

"Program ini rutin dilakukan BAZNAS setiap tahun dalam rangka berbagi kebahagiaan dengan mustahik di bulan Ramadhan. Sekaligus memitigasi dampak sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19. Terutama, bagi masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan dasar, sehingga mempengaruhi kondisi kehidupan mereka," ujar Deputi I BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta.

"Penerima manfaat tentu yang termasuk dalam kategori asnaf zakat sesuai dengan had kifayah,” ucap Arifin.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat Gerakan Cinta Zakat kepada masyarakat serta memaksimalkan potensi rukun Islam ketiga demi menyejahterakan umat secara lebih luas, terutama pada Bulan Suci Ramadhan ini.

“Dengan program Paket Ramadhan Bahagia, kami berharap dapat mencegah terjadinya kelaparan pada para keluarga pekerja yang sudah tidak memiliki lahan pekerjaan atau sumber penghasilan dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan di masa pandemi,” ujar Arifin.

Dia menuturkan, BAZNAS memastikan Paket Ramadhan Bahagia ini diberikan secara tepat sasaran, terutama pada kelompok-kelompok rentan yang terdiri atas beberapa klaster penerima manfaat. Yaitu, klaster tenaga pendidik, klaster UMKM, klaster buruh informal, klaster buruh formal, klaster korban PHK dan pengangguran.

"Semoga kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada para mustahik untuk senantiasa bersyukur dan beribadah di masa pandemi Covid-19 serta menyadarkan masyarakat tentang urgensi zakat dan rasa peduli terhadap sesama," kata Arifin.

Sementara itu, Direktur Marketing PT. LOTTE Shopping Indonesia Evi Lionawan mengatakan, dana yang terhimpun dari donasi Sahabat LOTTE Grosir selama dua tahun terakhir mulai dari tahun 2020-2021 disalurkan kepada penerima manfaat di wilayah Jabodetabek sampai Banten dalam bentuk Paket Ramadhan Bahagia ini.

"Kami berharap pendistribusian paket Ramadhan ini akan semakin meluas ke penjuru Indonesia dan dapat membantu mereka yang membutuhkan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan kehidupannya," kata Evi.

Selain penandatangan perpanjangan kerja sama dan pemberian Paket Ramadhan Bahagia, acara ini juga diisi dengan talk show inspiratif seputar urgensi berbagi serta kegiatan peduli lainnya di bulan Ramadhan terhadap sesama.

Video Terkait



Baca Juga: BAZNAS Bersama Lotte Grosir Bagikan Paket Ramadhan Bahagia
8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah, Siapa Saja?