Sungguh Mengerikan! Ini Laporan Terbaru PBB Mengenai Kondisi Bumi

Ilustrasi kondisi bumi. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 27 April 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Sebuah laporan terbaru dari PBB menyebutkan ada penambahan signifikan pada jumlah bencana yang terjadi di dunia, yakni mencapai 500 bencana per tahunnya. Beberapa diantaranya terjadi akibat dari perbuatan manusia.

Laporan dari Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR), periode 1970-2000 tercatat rata-rata ada 90 hingga 100 bencana per tahun. Namun ternyata bertambah signifikan menjadi 350-500 bencana per tahun pada 2001-2020.

Bencana yang tercatat seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, cuaca ekstrem, wabah tanaman, hingga epidemi. PBB menghitung bencana yang termasuk dalam biologis, geofisika dan cuaca.

Sementara itu bencana skala kecil yang berdampak pada masyarakat lokal tanpa memerlukan bantuan nasional atau internasional dikecualikan dalam laporan tersebut.

"Tidak ada titik lain dalam sejarah modern umat manusia menghadapi sejumlah risiko dan bahaya yang akrab dan tidak dikenal, berinteraksi pada dunia yang terhubung serta berubah dengan cepat," tulis laporan itu, dikutip dari The Verge, Rabu (27/4/2022).

Gempa bumi atau banjir mengakibatkan orang atau komunitas dirugikan. Namun laporan UNDRR juga menyebutkan risiko bencana menjadi meningkat akibat aktivitas manusia.

Baca Juga: Sungguh Mengerikan! Ini Laporan Terbaru PBB Mengenai Kondisi Bumi
Studi: Pemanasan Global Ancam Kota-kota Besar di Dunia

Misalnya perubahan iklim yang didorong karena manusia. Suhu global menjadi lebih panas dan membuat gelombang panas serta kebakaran lebih intens. Hal ini tercatat membuat jumlah kematian lebih banyak dalam lima tahun terakhir jika dibandingkan dengan periode lima tahun sebelumnya.

Jika hal ini terus terjadi, maka 2030 menjadi mimpi buruk. Bencana suhu ekstrem bisa meningkat tiga kali lipat dibandingkan pada 2001. Laporan PBB memperkirakan jumlah bencana akan meningkat jadi 560 per tahun. Artinya tiap hari akan ada sekitar 1,5 bencana.

Video Terkait