A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key -1

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 597

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 597
Function: _error_handler

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Ketahui 10 Hikmah Zakat dalam Agama Islam Bagi Pemberi dan Penerima

Ketahui 10 Hikmah Zakat dalam Agama Islam Bagi Pemberi dan Penerima

Ilustrasi bersedekah atau berzakat (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 19 April 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Tahukan Sobat Agri, hikmah zakat ternyata ada sangat banyak sekali. Tidak hanya bagi yang memberi tetapi juga bagi yang menerimanya. Beberapa diantaranya adalah menyucikan diri dan membantu sesama manusia.

Lantas apa saja hikmah lain dari zakat? Berikut ini akan diuraikan secara lengkap. Yuk kita simak sama-sama, tujuannya agar menjadi pengingat dan motivasi kita semua untuk lebih banyak melakukan ibadah zakat, terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Beragam Hikmah Zakat yang Bisa Dirasakan Pemberi dan Penerima

1. Meningkatkan rezeki

Zakat tidak akan mengurangi harta. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim no. 2558)

Selain itu zakat juga merupakan bentuk rasa syukur seseorang kepada Allah Swt, yang mana ketika seseorang itu bersyukur maka nikmat baginya akan terus diberikan Allah Swt. Oleh karena itu jika kita ingin dilancarkan rezekinya, maka solusi paling tepat adalah dengan mengeluarkan zakat. Dalam surat Ibrahim ayat 7 disebutkan:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

2. Menjauhkan diri dari siksa neraka

Hikmah dari zakat lainnya adalah menjauhkan diri dari siksa neraka. Hal tersebut tercantum dalam firman Allah surat At Taubah ayat 34-35,

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.”

“Pada hari dipanaskan emas perak itu di dalam neraka Jahanam, lalu dibakarnya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan.”

3. Menyucikan diri dari akhlak tercela

Mengeluarkan zakat juga dapat menyucikan jiwa manusia dari sifat tercela seperti keji, kikir, pelit, rakus, tamak, rasa bakhil dan berbagai akhlak tercela lainnya. Hal sebagaimana hadis Rasulullah Saw :

Dari Anas bin Malik ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, pikun, bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur dan fitnah hidup dan mati.” (HR. Muslim).

4. Mendapatkan pahala berlipat ganda

Allah akan memberikan pahala dan ganjaran berlipat ganda bagi seorang muslim yang melakukan zakat. Namun pahalanya diberikan bisa berbeda-beda tergandung dari kadar keimanan, keikhlasan orang yang nelakukannya, sesuai manfaat dari zakat itu sendiri serta ketepatan sasarannya.

5. Menolong sesama manusia

Hikmah zakat adalah membantu sesama manusia yang membutuhkan. Sebab dengan mengeluarkan zakat, kita menunjukkan rasa peduli kepada sesama. Selain itu perlu diketahui bahwa harta yang kita miliki, pada dasarnya ada hak fakir miskin atau saudara yang membutuhkan.

Oleh karena itu sudah sepatutnya kita mengeluarkan dan memberikannya kepada yang membutuhkan.

Hal ini seperti firman Allah Swt dalam surah Al-Maidah ayat 2 :

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”19

6. Menyempurnakan iman

Seperti yang diketahui, zakat adalah rukun Islam ketiga. Itu artinya jika umat muslim menunaikan zakat itu sama artinya ia telah menyempurnakan iman sebagai seorang yang beragama Islam. Rasulullah SAW bersabda:

“Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari: 13)

7. Menyucikan harta

Selain menyucikan diri, hikmah zakat lain yang dirasakan adalah bisa menyucikan harta yang kita miliki. Dalam surat At-Taubah ayat 103 dikatakan bahwa:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

8. Menghapus dosa

Selain itu hikmah zakat juga bisa menghapus dosa yang kita lakukan. Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (Dalam HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaa’i)

9. Mempererat persaudaraan

Selain pemberi zakat, ada juga hikmah zakat bagi penerimanya yaitu mendapatkan banyak kebaikan dan keberkahan, karena telah terbantu dengan zakat yang diberikan kepadanya.

Zakat ini juga bisa menjadi salah satu bentuk untuk mengurangi kesenjangan sosial. Dengan harapan angka kejahatan yang didasari oleh himpitan ekonomi bisa dikurang.

10. Melatih kerendahan hati

Hikmah zakat terakhir yaitu untuk melatih kerendahan hati. Sebab dalam HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Amal yang diberikan secara rahasia dapat memadamkan kemurkaan Allah SWT.”

Jika disimpulkan bahwa sebaik-baiknya kebaikan adalah kebaikan yang tidak diketahui orang.

Sama halnya dengan melakukan zakat, akan lebih baik jika seseorang melakukannya dengan sembunyi tangan, dalam arti tidak dilakukan secara terang-terangan. Sebab Allah SWT tidak menyukai hamba-Nya yang tinggi hati.



Baca Juga: Ketahui 10 Hikmah Zakat dalam Agama Islam Bagi Pemberi dan Penerima
Pengertian Zakat Menurut Bahasa dan Istilah, Beserta Macam-macamnya