Mengenal Asal-usal Bau Tanah Usai Hujan dan Fungsinya

Ilustrasi seorang anak bermain hujan. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 7 April 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Pernahkan kamu menghirup aroma khas saat tanah kering yang terguyur hujan? aroma tanah setelah hujan selalu dianggap menenangkan batin. Ternyata aroma tanah tersebut adalah bau geosmin yang menguap ke udara setelah hujan membasahi tanah.

Geosmin adalah senyawa yang sangat menyengat yang dapat dideteksi oleh indera penciuman manusia. Lalu, sebenarnya dari mana dan apa fungsi geosmin di alam?

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology mengungkapkan bahwa bau geosmin pada tanah itu ternyata juga memiliki arti tertentu.

Para peneliti menemukan bahwa bau geosmin itu dibuat oleh Streptomyces coelicolor, sejenis bakteri tertentu yang dikenal sebagai penghasil toksin. Bau geosmin itu juga ternyata berfungsi sebagai peringatan bagi cacing tanah (Caenorhabditis elegans) terhadap bakteri yang beracun dan tak boleh dimakan.

"Bahan kimia geosmin tersebut adalah sinyal aposematik yang memicu indera perasa cacing buta seperti halnya warna cerah ulat, atau duri ikan buntal yang memberi tahu pemangsa yang terlihat untuk menjauh," tulis studi itu dikutip phys.org.

Caenorhabditis elegans merupakan cacing berukuran kecil yang hampir ditemukan di seluruh permukaan bumi termasuk di benua es Antartika. Para peneliti sering menggunakan cacing ini sebagai model percobaan studi mereka karena sistem biologis cacing yang kurang kompleks tetapi mirip dengan manusia.

"Melalui penelitian kamu, kami menemukan bahwa geosmin dalam bakteri yang beracun bagi cacing Caenorhabditis elegans, tampaknya tidak memiliki peran apa pun selain sebagai sinyal bagi si cacing," kata Brandon Findlay.

Liana Zaroubi selaku pimpinan studi tersebut mengakui bahwa butuh beberapa waktu baginya untuk sampai pada gagasan bahwa geosmin adalah aposematik alias bersifat mencolok sebagai peringatan.

Baca Juga: Mengenal Asal-usal Bau Tanah Usai Hujan dan Fungsinya
Mengenal Cara Budidaya Tanaman Lengkeng di Indonesia



"Saya menghilangkan banyak hipotesis sebelum menemukan bahwa geosmin bertindak sebagai sinyal peringatan," kata Zaroubi.

Para peneliti percaya senyawa geosmin tersebut menawarkan wawasan tentang bagaimana bakteri dan pemangsa mereka berinteraksi dan bagaimana perilaku kompleks seperti menghindari perkembangan racun.

 

Video Terkait