'Tunggu Batal', Merawat Tradisi Ramadhan Masyarakat Negeri Larika

Desa Larike Ambon. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 6 April 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Masyarakat negeri Larike Kecamatan Leihitu Barat kabupaten Maluku Tengah terus merawat tradisi budaya "tunggu batal" atau menunggu waktu berbuka puasa ketika bulan Ramadhan.

"Tradisi tunggu batal merupakan momen yang dinantikan saat bulan puasa oleh anak-anak hingga orang dewasa," ujar pemuda negeri Larike, Rizky Ulath.

Ia mengatakan, menjelang magrib, anak-anak, remaja hingga orang tua berdiri di luar pagar masjid sembari mengucapkan batal.

Tiba waktu Magrib, Khatib menuju tifa (bedug) yang digantung di Masjid Raya Nurul Ikhlas Larike, kemudian bershalawat dan memukul bedug sebagai tanda siang berpindah ke malam atau waktu buka puasa telah tiba.

"Secara spontan suara warga mengucapkan tung batal ee batal ee, batal ee dilontarkan dengan keras dan kencang sembari berlari menuju rumah masing-masing untuk menyantap takjil yang telah disiapkan," katanya.

Diakuinya, tradisi tunggu batal di negeri Larike telah berlangsung sejak lama dan menjadi tradisi turun temurun yang selalu dijaga dan dilestarikan. Tradisi ini menjadi ritual yang selalu dinantikan, apalagi saat jauh dari kampung halaman tercinta.

"Dari kecil sudah sering tunggu batal bersama teman, kakak dan paman. Kalau tifa bingo su babunyi (sudah berbunyi) katong langsung bataria (berteriak) batal batal batal, "kata Rizky.

Baca Juga: 'Tunggu Batal', Merawat Tradisi Ramadhan Masyarakat Negeri Larika
Berkah Tersembunyi Pelonggaran PPKM Bagi Penjual Es Cendol Bandung di Garut

Ia berharap, tradisi ini akan terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda sebagai warisan budaya.

"Katong berharap tradisi ini terus dijaga generasi akan datang supaya katong pung anak cucu juga bisa menikmati tradisi tunggu batal, walaupun jauh di rantau," harapnya.

Negeri Larike terletak di Pulau Ambon, tetapi berada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat dengan waktu tempuh berkisar satu jam.

Video Terkait