Apa Itu Ngabuburit yang Identik di Bulan Ramadan? Yuk Simak Penjelasannya

Warga Kota Kupang , Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang membeli makanan takjil untuk berbuka puasa, Minggu. ANTARA

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 5 April 2022 | 13:40 WIB

Sariagri - Apa itu ngabuburit? Istilah ini begitu populer ketika bulan Ramadan tiba. Saking begitu populernya, istilah ini bahkan bisa dibilang sebagai kegiatan yang merupakan tradisi yang sangat identik dengan bulan suci ini. Ngabuburit sendiri merujuk pada banyak kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Ada banyak kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan, mulai dari mengunjungi tempat wisata, mendengarkan ceramah, mengikuti pesantren, hingga berburu takjil. Berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu ngabuburit dan berasal dari manakan katanya?

Apa itu ngabuburit, dari mana asal katanya?

Meski sudah sangat populer di dalam negeri, sepertinya saat ini masih belum banyak masyarakat Indonesia yang tahu dari mana asal muasal kata ngabuburit. Dirangkum dari berbagai sumber, asal kata istilah ngabuburit ternyata berasal dari bahasa Sunda Jawa Barat. Secara keseluruhan ngabuburit merupakan singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai-santai menunggu waktu sore.

Kamus Sunda-Indonesia terbitan Kemendikbud pada 1985 mencatat kata burit yang bermakna senja atau sore. Hal ini disebabkan tradisi ngabuburit akan berlangsung pada sore hari menjelang waktu magrib.

Sedangkan kata nga merupakan kata kerja awalan. Sehingga juga disimpulkan ngabuburit adalah melakukan kegiatan untuk mengisi waktu seraya menyongsong tibanya waktu sore. Dalam konteks kali ini waktu sore adalah menunggu waktu berbuka puasa.

Kata dari bahasa daerah itu kemudian diserap menjadi bahasa Indonesia. Kata ini pun tercantum di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI mencatat kata burit sebagai kata dasar yang bermakna sore. Kemudian turunannya yaitu mengabuburit sebagai menunggu azan Maghrib menjelang buka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Apa itu ngabuburit bagi beberapa daerah lain?

Istilah ngabuburit atau kegiatan yang dilakukan sore menjelang waktu berbuka puasa ini tidak hanya ada di Jawa Barat, tetapi di seluruh Indonesia. Namun selain ngabuburit, beberapa wilayah juga memiliki istilah daerahnya masing-masing seperti "malengah puaso" yang berasal dari Bahasa Minang.

Kata "malengah puaso" memiliki arti melakukan suatu kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar saat berpuasa.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat ngabuburit

1. Melakukan kegiatan sosial

Selain menunggu waktu berbuka, melakukan kegiatan yang besar manfaatnya bagi yang membutuhkan seperti mengadakan buka bersama di panti asuhan atau membagikan takjil ke sesama yang kurang beruntung, juga bisa menambah pahala puasa yang mendatangkan keberkahan.

2. Berjualan takjil

Jika umumnya ketika ngabuburit orang pada mencari takjil, kamu justru bisa berjualan takjil agar orang-orang pada membeli. Dengan berjualan takjil saat ngabuburit, kamu bisa menghasilkan uang jajan untuk libur lebaran.

3. Membaca buku

Meskipun kini peraturan sudah cukup longgar untuk beraktivitas di luar rumah, namun tidak ada salahnya juga jika kamu melakukan ngabuburit dengan membaca buku kesukaan. Dengan membaca buku ada banyak keuntungan yang di dapat, salah satunya yaitu mendapat hiburan, informasi dan pengetahuan baru.

Baca Juga: Apa Itu Ngabuburit yang Identik di Bulan Ramadan? Yuk Simak Penjelasannya
Rekomendasi Ide Ngabuburit Ramadhan yang Bermanfaat dan Mendatangkan Pahala

4. Bersilaturahmi dengan kerabat

Di bulan Ramadan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, menjalin silaturahmi sangat dianjurkan. Kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahmi, dan membuka kelancaran pintu rejeki yang bisa di dapatkan. Tanpa perlu mengunjungi langsung, kamu sudah bisa menjalin silaturahmi juga bisa dilakukan dengan ponsel.

5. Mempersiapkan menu bukaan di masjid atau musola

Ngabuburit tidak selalu diisi dengan kegiatan jalan-jalan. Kegiatan sosial yang sangat positing juga bisa kamu jadikan sebagai momen ngabuburit Ramadan, seperti ikut membantu mempersiapkan menu bukaan di masjid terdekat.

Video Terkait