Rekomendasi Ide Ngabuburit Ramadhan yang Bermanfaat dan Mendatangkan Pahala

Ilustrasi berjualan takjil (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 4 April 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Pada bulan yang penuh berkah ini, istilah ngabuburit ramadhan menjadi sangat populer di kala menjalankan ibadah puasa. Ngabuburit bermula dari sebuah kata burit dari bahasa sunda, yang berarti sore atau mendekati saat tenggelamnya matahari. Dalam kamus eka bahasa sunda, ngabuburit bermakna menunggu saat berbuka puasa sambil bekerja, bermain, berolahraga semata-mata agar melupakan rasa lapar dan dahaga sampai tiba waktu Maghrib.

Dahulu, istilah ngabuburit ini diidentikkan dengan kegiatan anak-anak yang pergi mengaji ke Mesjid di sore hari pada bulan suci Ramadhan. Ngabuburit ini menjadi aktivitas positif untuk menunggu waktu berbuka puasa. Namun kini, ngabuburit bisa diisi dengan berbagai macam kegiatan. Mulai dari berburu takjil yang sangat umum dilakukan, sampai kegiatan ngabuburit Ramadhan yang bisa mendapatkan pahala.

Kegiatan ngabuburit ramadhan, yang bermanfaat selain berburu takjil

1. Melakukan kegiatan sosial

Kamu bisa mengajak teman atau komunitas, untuk melakukan kegiatan yang besar manfaatnya bagi yang membutuhkan seperti mengadakan buka bersama di panti asuhan atau membagikan takjil ke sesama yang kurang beruntung. Selain menunggu waktu berbuka, ngabuburit ramadhan ini juga bisa menambah pahala puasa yang mendatangkan keberkahan.

2. Mengkaji ayat suci

Tadarus alquran adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Namun umumnya amalan ini akan terasa asyik jika dilakukan dengan hal yang tidak biasa, seperti mengikuti serangkaian kajian agama di masjid-masjid besar yang sering membahas berbagai tema yang dipimpin oleh ustadz.

Mendengarkan kajian secara tidak langsung akan mendapatkan pahala, karena kita bisa memetik hikmah yang bisa diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari.

3. Usaha kecil-kecilan

Ngabuburit ramadhan yang satu ini beda dari biasanya. Dengan melakukan usaha kecil-kecilan, seperti berjualan takjil, kamu bisa menghasilkan uang jajan untuk libur lebaran. Tahukah kamu, bahwa dalam Islam berdagang diketahui merupakan 9 dari 10 pintu rezeki, maka selain menambah pundi-pundi rezeki dan pahala, usaha pun sama seperti beribadah seperti halnya bekerja untuk menafkahi keluarga.

4. Membaca buku

Selanjutnya ngabuburit ramadhan yang bermanfaat adalah dengan membaca buku. Kegiatan ini memiliki banyak keuntungan jika dilakukan secara teratur. Pasalnya dengan menyisihkan waktu untuk membaca buku, kamu bisa mendapat informasi dan pengetahuan baru.

5. Bersilaturahmi dengan kerabat

Ide ngabuburit ramadhan yang tidak kalah bermanfaat adalah bersilaturahmi dengan kerabat saudara. Dengan mempererat tali silaturahmi, maka ada banyak pahala dan kelancaran pintu rejeki yang bisa di dapatkan. Kamu juga tidak serta merta harus berkunjung ke rumah saudara, sebab kini menjalin silaturahmi juga bisa dilakukan dengan ponsel.

6. Mempersiapkan menu bukaan di masjid atau musola

Kegiatan sosial lain yang juga bisa kamu jadikan sebagai momen ngabuburit Ramadan adalah bakti sosial seperti ikut mempersiapkan menu bukaan di masjid terdekat. Selain menghabiskan waktu mendekati berbuka puasa, waktu luang yang kamu lakukan akan terasa lebih bermanfaat, dengan mengikuti kegiatan positif seperti ini.

Baca Juga: Rekomendasi Ide Ngabuburit Ramadhan yang Bermanfaat dan Mendatangkan Pahala
Ngabuburit, Tradisi Khas Warga Indonesia yang Identik Saat Bulan Ramadan

7. Membantu ibu memasak

Terakhir yang tak kalah bermanfaat yaitu membantu ibu memasak untuk menyiapkan menu buka puasa di rumah. Kegiatan ini selain mendapatkan banyak manfaat dan pahala, membantu ibu juga bisa membuat hati ibu menjadi senang karena diringankan pekerjaannya.

Selain itu juga bisa meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan ibu menjadi semakin dekat. Selain itu kamu juga bisa menambah ilmu baru mengenai berbagai resep masakan yang bisa kamu pelajari nantinya untuk di kemudian hari.

Video Terkait