Pemerintah Klaim UMKM Sumbang 61% PDB Indonesia dan Serap 97% Tenaga Kerja

Ilustrasi Kegiatan umkm. (Sariagri/Antara)

Editor: Reza P - Minggu, 27 Maret 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Sariagri - Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung UMKM agar semakin tangguh dan naik kelas. Komitmen tersebut dapat dilihat melalui berbagai pelatihan, pembiayaan, hingga regulasi Pemerintah yang berpihak ke UMKM. 

Hal tersebut dilakukan karena UMKM memiliki peran yang sangat besar bagi perekonomian nasional yaitu berkontribusi lebih dari 61% terhadap PDB Indonesia dan menyerap 97% total tenaga kerja nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga secara langsung memberikan dukungan bagi UMKM. Ia menyebutkan, UMKM adalah nadalah pemerintah dan akan terus mendorong lewat pembiayaan. 

“UMKM adalah andalan Pemerintah. Pemerintah terus mendorong pembiayaan UMKM dan Pemerintah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 3% per tahun hingga akhir tahun ini," kata dia lewat keterangan tertulis.

Baca Juga: Pemerintah Klaim UMKM Sumbang 61% PDB Indonesia dan Serap 97% Tenaga Kerja
Bunga 3 Persen Dilanjutkan di 2022, Platform KUR jadi Rp373,17 Triliun

"Besarnya KUR bisa kurang dari 10 juta rupiah, atau 10-100 juta rupiah tanpa jaminan. Dan yang selanjutnya adalah 100-500 juta rupiah. Pemerintah juga menyediakan dana yang cukup besar yaitu 373 triliun rupiah untuk satu tahun. Jadi, ini banyak sekali yang bisa didorong untuk mendapatkan KUR,” kata Menko Airlangga. 

Ia juga menjelaskan, hadirnya pusat UMKM di berbagai daerah juga dapat membantu membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Hal ini pun akan menurunkan angka pengangguran serta meningkatkan pendapatan ekonomi daerah-daerah di Indonesia.  

Video Terkait