Apakah Vaksinasi COVID-19 dan Tes Swab Bisa Batalkan Puasa? Ini Kata MUI

Ilustrasi suntik vaksin covid-19 (pexels)

Editor: Dera - Sabtu, 26 Maret 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Pemerintah secara resmi memperbolehkan masyarakat untuk mudik pada perayaan Idul Fitri 2022. Namun pemerintah juga memberikan persyaratan bagi masyarakat yang ingin mudik agar sudah melakukan vaksin booster.

Lantas bagaimana hukumnya bila melakukan vaksin booster disaat menjalankan ibadah puasa Ramadan? Apakah akan membatalkan pausa? Mengenai hal tersebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan penjelasannya.

Ketua MUI Pusat Bidang Fatwa, KH Asrorum Niam Sholeh menyatakan bahwa hukum melaksanakan vaksinasi COVID-19 saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tidak membatalkan pausa.

Selain itu, dalam rangkaian pencegahan penularan yang biasanya dilakukan dengan melakukan tes swab dan sebagainya saat bulan Ramadan, hukumnya juga tidak membatalkan puasa.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena tes swab atau tes usap merupakan alat mendeteksi keberadaan dari sel, bakteri, atau virus yang mampu melihat adanya virus Corona di dalam tubuh.

Ketentuan terkait fatwa hukum vaksinasi dan tes swab saat berpuasa tertuang dalam Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada saat Berpuasa dan Fatwa Nomor 23 Tahun 2021 tentang Hukum Tes Swab untuk deteksi Covid-19 saat berpuasa

Baca Juga: Apakah Vaksinasi COVID-19 dan Tes Swab Bisa Batalkan Puasa? Ini Kata MUI
Austria Iming-imingi Pasien dengan Lotre Agar Mau Divaksin COVID-19

Ketentuan hukum fatwa tersebut berbunyi, vaksinasi COVI-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa.  Namun MUI merekomendasikan bahwa pemerintah dapat melakukan vaksinasi terhadap umat muslim pada malam hari bulan Ramadan, jika proses vaksinasi pada siang hari saat berpuasa dikhawatirkan menyebabkan bahaya akibat lemahnya kondisi fisik.

Sementara pada pelaksanaan tes swab, ketentuan hukumnya yaitu pelaksanaan tes swab sebagaimana dalam ketentuan umum tidak membatalkan puasa.

 

Video Terkait