Warga Kediri Resah! Buaya Muara Sekitar 1,5 Meter Muncul di Sungai

Kemunculan buaya di sungai di Kediri, Jawa Timur. (Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Kamis, 24 Maret 2022 | 13:50 WIB

Sariagri - Warga Dusun Jati, Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kembali diresahkan dengan munculnya buaya muara (Crocodylus porosus Schneider) di sungai setempat. Buaya tersebut diperkirakan indukan dari anakan buaya yang sempat tertangkap warga beberapa waktu lalu. Kemunculan buaya ini diketahui para pemancing ikan di sungai sejak tiga hari terakhir.

Perangkat Desa Janti, Surdino mengatakan buaya ini kerap muncul saat malam dan siang hari. Dia belum bisa memastikan di sungai Desa Janti ada seekor atau lebih karena munculnya berganti-ganti posisi dan lokasi.

“Buaya ini pertama kali diketahui pemancing saat malam hari dengan sorot mata merah. Siangnya saya buktikan dengan mata telanjang, memang benar itu buaya muara. Cuma persisnya ada berapa, itu yang saya kurang tahu. Sebab sehari sebelumnya saya temukan badannya bersih cerah menghadap utara dan hari ini kok keliatan lagi, namun badannya hitam gelap dengan moncong menghadap selatan,” kata Perangkat Desa Janti, Surdino kepada Sariagri, Rabu (23/03/2022).

Kemunculan buaya dengan panjang sekitar 1,5 meter ini, spontan menjadi perhatian warga. Akibat munculnya buaya besar ini, warga tidak berani beraktivitas di sungai tersebut.

“Upaya menangkap buaya itu, sudah kami lakukan dengan memasang jebakan berupa kandang besar yang bisa menutup otomatis jika buaya sudah masuk perangkap. Tapi buaya ini sulit terpancing rupanya dan diam saja. Warga jadi takut jika aktivitas di sungai,” imbuhnya.

Baca Juga: Warga Kediri Resah! Buaya Muara Sekitar 1,5 Meter Muncul di Sungai
Ada Buaya di Kolam, Tim Renang Sekolah Ini Gagal Latihan

Warga makin resah dan takut datang ke sungai, lantaran buaya tersebut diduga kerap naik ke tepi daratan. Hal ini dibuktikan dengan temuan jejak buaya di sekitar pasir yang ada tanggul sungai.

“Warga saya otomatis tidak berani lagi ke sungai untuk mandi, mencuci pakaian atau mencari pasir karena kuatir digigit buaya. Kami mohon pihak terkait segera mengevakuasi buaya ini,” tandasnya.

Video Terkait