Patung Speed Jokowi di Sirkuit Mandalika, Gubernur NTB: Pak Jokowi yang Kerjanya Cepat Dapat Kita Jadikan Inspirasi

Patung Ornamen Presiden Jokowi ada di Sirkuit Mandalika. (Sariagri/Yongki)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 14 Maret 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Meski sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, patung "Speed Jokowi" akhirnya terpasang di area depan Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, (13/3/2022).

Selain menjadi ornamen kembanggaan warga, patung karya seniman bali Nyoman Nuarta ini dipasang sebagai bentuk apresiasi terhadap presiden Joko Widodo. Pemasangan patung seberat 3 ton disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah.

Gubernur mengapresiasi pemasangan patung presiden sebagai icon baru untuk mempercantik kawasan Sirkuit Mandalika, ia mengatakan bahwa patung "Speed Jokowi" menjadi ornamen yang akan banyak dikunjungi masyarakat untuk berfoto.

"Ketika Pak Jokowi pakai motor saja banyak yang foto - foto, saya kira ini akan lebih rame lagi dan kalo menurut sy ini akan menjadi spot yang sangat favorit sebagai tempat foto masyarakat nantinya," tuturnya saat menghadiri pemasangan Patung "Speed Jokowi", Minggu (13/3/2022).

Patung "Speed Jokowi" tersebut merupakan karya seniman patung ternama, Nyoman Nuarta. Bang Zul sapaan akrabnya juga mengungkapkan bahwa ornamen Patung menggambarkan suatu inspirasi.

"Ornamen ini menggambarkan suatu inspirasi, pak Jokowi yang kerjanya cepat dapat kita jadikan inspirasi," tuturnya.

Selain itu, Bang Zul juga menyampaikan antusias masyarakat lokal dalam menyambut perhelatan MotoGP, tiket hari ke - 3 sold out.

"Tiket hari yang ke - 3 sudah sold out, karena antusiasme masyarakat lokal yang cukup tinggi, kami Pemerintah Provinsi NTB berterimakasih diberikan kesempatan masyakarat untuk menonton disisi kiri dan di sisi lain," ungkapnya.

Pemasangan patung Jokowi, diharapkan menjadi magnet baru menarik minat wisatawan berkunjung ke mandalika dan membangkitkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Ridwan, juru bicara Nyoman Nuarta mengatakan patung Speed Jokowi ini dibangun menggunakan bahan tembaga dan kuningan. Ia menyebut pembuatan patung speed jokowi hanya membutuhkan waktu 3 minggu hingga bisa terpasang.

"Patung speed ini terbuat dari bahan perunggu atau baja dan kuningan dengan beratnya itu kurang lebih 3 ton," jelas Ridwan.

Baca Juga: Patung Speed Jokowi di Sirkuit Mandalika, Gubernur NTB: Pak Jokowi yang Kerjanya Cepat Dapat Kita Jadikan Inspirasi
Jokowi Akan Berkemah di Titik Nol IKN, 24.000 Liter Air Bersih Disiapkan



Pihaknya memastikan patung setinggi 4 meter dengan panjang 6 meter terbuat dari tembaga dan kuningan pilihan yang bertahan hingga ratusan tahun.

"Kalau melihat dari pengalaman bahan pembuatan baja bisa bertahan ratusan tahun," tutupnya.

Video Terkait