KPK Turun Tangan Atasi Masalah Minyak Goreng, Legislator: Ini Tandanya Sangat Krusial

Logo KPK. (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 10 Maret 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat DPR RI Santoso menilai ajakan Ketua KPK Firli Bahuri kepada Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng.

Seperti diketahui, minyak goreng masih menjadi barang langka di pasaran. Meski pemerintah sudah memberikan HET migor yakni dengan harga Rp11.500 per liter untuk minyak curah, Rp13.500 untuk kemasan sederhana, dan Rp14.000 untuk kemasan premium.

“Kalau saya melihatnya ini tandanya bahwa persoalan minyak goreng ini sangat krusial, sehingga sampai lembaga antirasuah mau turut membantu,” ujar Santoso, Rabu(9/3/2022).

Santoso menduga adanya 'permainan kelas atas' untuk mencari keuntungan sepihak, baik produsen minyak goreng atau para pengawas, dalam hal ini adalah ASN di kementerian terkait dalam kasus kelangkaan ini.

“Oknum-oknum soal kuota yang memproduksi dan pajaknya sampai berapa menjual ke dalam negeri? Berapa keluar negeri? Berapa bayar pajaknya? Ini kan berhubungan dengan ASN bisa saja terjadi di sini adanya,” paparrnya.

Selain itu, Santoso meminta persoalan kelangkaan minyak goreng jangan disepelekan. Menurutnya, hal ini menyangkut hajat hidup rakyat secara keseluruhan.

“Berarti kelangkaan ini sangat meresahkan, dan bukan hal yang ringan. Kalau langka kan bukan hanya soal orang yang nggak punya duit. Orang yang punya duit pun akhirnya enggak bisa beli minyak kan,” ungkapnya.

Meski begitu, Santoso mengingatkan Filri agar tetap melaksanakan tupoksi sesuai bidangnya sebagai Pimpinan KPK. “Melakukan pencegahan dan penangkapan para koruptor begitu,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri berkomitmen mengatasi kelangkaan kebutuhan minyak goreng yang saat ini terjadi di tengah masyarakat. Mengingat, kelangkaan minyak goreng ini cukup meresahkan masyarakat.

Baca Juga: KPK Turun Tangan Atasi Masalah Minyak Goreng, Legislator: Ini Tandanya Sangat Krusial
Minyak Goreng Masih Langka, Pekan Depan Mendag Lutfi Bakal Dipanggil ke DPR

Salah satu upaya yang dilakukan yakni mengajak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto merapatkan barisan mengatasi kelangkaan minyak goreng.

“Kami sudah bahas dengan Bapak Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian dan dalam waktu dekat kami ingin, mohon berkenan kepada bapak Menko Marves, bapak Menko Perekonomian, kita bisa merapatkan barisan sehingga kita selamat dari kelangkaan kebutuhan, dan kita jamin ketersediaan bahan yang dibutuhkan masyarakat bisa dipenuhi,” pungkas Firli.