Mengenal Rebung, Sayuran yang Punya Aroma Khas dan Kaya Manfaat

Ilustrasi rebung. (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 3 Maret 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Buat kamu penggemar lumpia, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama rebung. Jenis sayuran yang bernama latin Dendrocalamus asper ini, merupakan bahan baku dari isi makanan tersebut. Selain diolah menjadi lumpia rebung, ia juga banyak diolah menjadi masakan dengan cita rasa khas Indonesia, di tumis, di semur, hingga dibuat sayur rebung.

Cita rasanya pun sangat lezat, ditambah ia juga punya tekstur unik, yang mana jika dimakan akan meninggalkan sensasi renyah di dalam mulut. Ditambah lagi sayuran ini memiliki harga yang murah dan sangat mudah ditemukan dimana saja.

Kandungan rebung

Berdasarkan penelitian, dalam porsi 100 gram sayuran ini, terdapat:

• 2–2,5 gram protein
• 25 kalori
• 4–5 gram karbohidrat
• 2 gram serat
• 2 gram gula
• 60 miligram fosfor
• 500 miligram kalium
• 1,1 miligram zinc
• 13 miligram kalsium
• 4 miligram vitamin C

Tak hanya itu saja, sayur renyah ini juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, serta beragam mineral, seperti magnesium, selenium, mangan, zat besi dan antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Manfaat bagi kesehatan

Jenis sayur yang satu ini memiliki nilai gizi tinggi. Berkat kandungan tersebut, sayuran ini memberi banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

1. Melancarkan pencernaan

Serat dalam rebung bisa dikatakan sangat banyak. Serat ini diketahui bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Rebung juga diketahui memiliki efek prebiotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat di dalamnya tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Manfaat sayur ini juga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Sayur ini mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta kalium. Berkat nutrisi tersebut, sayur ini direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

4. Menjaga berat badan

Salah satu cara untuk menjaga berat badan tetap ideal, adalah memilih jenis makanan yang rendah kalori. Diketahui sayur ini rendah kalori dan lemak, tetapi banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sayur beraroma khas ini, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan yang tinggi pada rebung mampu melawan radikal bebas yang menjadi pemicu berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di kondisi pandemi saat ini, kita diharuskan untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu kita disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, termasuk sayuran ini. Berkat kandungan protein, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang baik mampu memperkuat daya tahan tubuh.

7. Merangsang nafsu makanan

Tahukah kamu, sayuran ini mengandung tinggi selulosa, yang dapat merangsang nafsu makan. Bagi kamu yang tidak selera makan, kamu bisa mencoba sayuran ini sebagai makanan pembuka agar makan lebih berselera.

Baca Juga: Mengenal Rebung, Sayuran yang Punya Aroma Khas dan Kaya Manfaat
Wortel, Sayuran Orange yang Kaya Gizi dan Segudang Manfaat

8. Mengatasi masalah menstruasi / haid

Kandungan yang ada di dalam sayuran ini mampu mengatasi masalah kesehatan reproduksi pada wanita, seperti saat sedang haid atau menstruasi, mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur, masalah infertilitas, dan mengurangi nyeri persalinan serta mencegah terlalu banyak kehilangan darah pasca melahirkan.

9. Mengobati gangguan pernapasan

Bagi Sobat Agri yang mengalami gangguan pernapasan, kamu bisa mencoba pengobatan alami dari sayuran ini. Caranya adalah dengan merebus sayur ini sebanyak dua kali. Rebusan pertama selama 5 menit diikuti oleh rebusan kedua selama sekitar 10 menit. Agar lebih nikmat dan kaya gizi, kamu bisa menambahkan rebusan ini dengan madu.

Video Terkait