Kabar Baik! Pemerintah Bakal Beri Bantuan Rp600 Ribu Bulan Ini ke PKL, Warung, dan Nelayan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Dok.Antara/Agatha Olivia)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 22 Februari 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan program bantuan tunai untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), warung, dan nelayan kemungkinan besar akan cair pada Februari 2022. Program ini merupakan salah satu program front-loading, alias program yang pencairannya dipercepat oleh pemerintah di awal tahun 2022.

"Diharapkan di bulan Februari ini, program ini (bantuan tunai untuk PKL, warung, dan nelayan) bisa berjalan," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM.

Mantan menteri perindustrian ini menyebut, aturan pelaksanaan program akan rampung sebentar lagi. Saat ini, Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) yang mengatur program tersebut sudah diterbitkan, mengingat bantuan disebarkan oleh TNI/Polri. Saat ini, pelaksanaan program bantuan tunai untuk PKL, warung dan nelayan hanya tinggal menunggu pedoman umum dari Kapolri.

"Program khusus untuk PKL, warung, dan nelayan, ini kemarin Permenhan sudah. Sekarang tinggal pedoman umum dari Kapolri yang sedang disiapkan," papar Airlangga.

Sebagai informasi, besaran bantuan tunai untuk PKL, warung dan nelayan mencapai Rp 600.000 per penerima. Jumlah penerima yang disasar pemerintah mencapai 2,76 juta. Adapun penerimanya terdiri dari 1 juta PKL pemilik warung, dan 1,76 juta nelayan. Program ini juga diberikan untuk menangani kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Tak hanya itu, pemerintah bakal melanjutkan beberapa program bansos dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan anggaran mencapai Rp414 triliun. Bansos ini terdiri dari bansos reguler yang dicairkan pemerintah tiap tahun maupun bansos yang dicairkan dalam rangka pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Khusus bansos, pemerintah menyiapkan dana hingga Rp 154,76 triliun dalam klaster perlindungan masyarakat. Bansos yang cair menggunakan anggaran tersebut, yakni PKH untuk 10 juta KPM Rp 28,7 triliun, Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM Rp 45,1 triliun, dan Kartu Prakerja Rp 11,0 triliun.

Baca Juga: Kabar Baik! Pemerintah Bakal Beri Bantuan Rp600 Ribu Bulan Ini ke PKL, Warung, dan Nelayan
Cara Pemerintah Bagi-bagi BLT Rp600 Ribu untuk PKL Hingga Nelayan

Kemudian, dukungan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan Rp 5,6 triliun, BLT Desa Rp 27,2 triliun, cadangan Perluasan Rp 36,16 triliun, dan bansos tunai untuk 10 juta KPM Rp 12,02 triliun (Rp 200 ribu/bulan selama 6 bulan).

Lalu, Kartu sembako PPKM untuk 5,9 juta KPM Rp 7,1 triliun (Rp 200.000/bulan selama 6 bulan), bantuan kuota internet untuk 38,1 juta siswa dan pendidik Rp 8,1 triliun selama 6 bulan, serta cadangan Perlinmas Rp 9,0 triliun.

Video Terkait