Stop! Jangan Taruh Lagi Minyak Goreng dan Barang Ini di Sebelah Kompor, Begini Alasannya

ilustrasi memasak (unsplash)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 18 Februari 2022 | 16:35 WIB

Sariagri - Minyak goreng merupakan bahan pokok yang sangat banyak ditemui di rumah-rumah baik itu dalam maupun luar negeri. Bahan pokok ini memang bisa dikatakan cukup penting untuk urusan masak memasak. Pasalnya hampir semua masakan yang dikonsumsi pasti membutuhkan minyak goreng.

Namun tanpa disadari, karena begitu penting dan sering digunakan untuk menggoreng, meletakkan minyak goreng menjadi sangat sembarangan. Terlebih jika diletakkan di dekat atau samping kompor.

Cara ini memang bisa memudahkan para ibu rumah tangga dalam menggunakannya saat memasak. Namun ini hal yang harus diwaspadai.

Pasalnya meskipun banyak dilakukan oleh banyak orang, kebiasaan ini rupanya hal yang sangat berbahaya.

Alasan minyak goreng berbahaya diletakkan disamping kompor

Melansir Grease Cleaner, minyak goreng bisa turun kualitasnya karena panas intens dari kompor.

Jika ini sudah terjadi, maka bukan hal yang tidak mungkin jika minyak goreng menjadi kurang layak pakai.

Selain itu, minyak goreng juga termasuk jenis barang yang bisa menjadi penyebab kebakaran di rumah terjadi. Jika sudah begitu maka, nyawa orang yang ada di rumah dan disekitar rumah pun bisa terancam.

Oleh karena itu jika Sobat Agri sering meletakkan minyak goreng disamping kompor, sebaiknya hentikan dan jangan diulangi lagi.

Tempat penyimpanan yang baik untuk minyak goreng adalah di tempat yang gelap dan juga sejuk, seperti di dalam lemari atau rak.

Selain minyak goreng ada juga barang lain yang suka disepelekan, dan tanpa disadari kerap diletakkan di dekat sumber api atau kompor. Apa saja barangnya? Mari simak penjelasannya.

1. Kertas

Yang pertama ada kertas. Barang ini termasuk yang tidak boleh diletakkan di samping kompor. Umumnya kertas digunakan oleh ibu-ibu untuk menyaring minyak.

Namun ternyata kebiasaan ini cukup berbahaya loh. Kertas merupakan bahan yang mudah basah jika terkena sesuatu. Ditambah lagi bahwa kertas merupakan barang atau benda yang sangat mudah terbakar.

Oleh karena itu jauhi dan jangan simpan kertas di dekat kompor. Jika ingin menyaring minyak, kamu bisa menggunakan kertas untuk menyerap minyak di tempat yang jauh dari kompor.

2. Pisau

Tahukah kamu barang yang satu ini juga merupakan salah satu benda yang cukup banyak diletakkan di samping kompor saat sedang memasak.

Namun hal ini sangat berbahaya, terutama bagi kamu yang memiliki anak kecil di rumah. Pisau adalah benda tajam yang berbahaya dan bisa menyebabkan masalah jika terkena kompor.

Untuk menghindari masalah, maka sebaiknya kamu meletakkan pisau di tempat khusus seperti laci.

Jika tidak memungkinkan maka letakkan pisau yang posisinya jauh dari kompor.

3. Produk pembersih

Apakah kamu sering meletakkan sabun atau disinfektan di samping kompor? Kalau iya, pindahkan sekarang juga. Produk pembersih memang kerap digunakan untuk membersihkan perabotan rumah.

Baca Juga: Stop! Jangan Taruh Lagi Minyak Goreng dan Barang Ini di Sebelah Kompor, Begini Alasannya
Viral Emak-emak di Garut Antre Sepanjang 100 meter Demi Minyak Goreng Saking Langkanya

Namun kebiasaan ini juga cukup berbahaya, apabila jika tertumpah dan membuat berantakan. Belum lagi jika pembersih tersebut mengandung bahan alkohol, yang bisa memicu kebakaran.

Bagaimana Sobat Agri, semoga penjelasan diatas bisa membantu kamu untuk mencegah hal-hal berbahaya yang bisa mengancam jiwa. Jika kamu pernah melakukan kebiasaan diatas, maka mulai dari sekarang hentikan dan jangan lakukan lagi.