Mampu Menjadi Konsolidator Usaha Warga, Gus Halim Apresiasi BUM Desa Medali Beraksi

Gus Halim apresiasi BUM Desa Medali Beraksi. (Dok. Kemendes PDTT)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 2 Februari 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberikan apresiasi khusus terhadap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Medali Beraksi, Desa Medali, Kecamatan Puri Mojokerto. BUM Desa Medali beraksi dinilai sebagai prototipe BUM Desa ideal karena mampu menjadi konsolidator usaha warga sehingga mempunyai nilai tambah.

“Ini yang saya maksud sebagai BUM Desa ideal itu. BUM Desa itu harus mempunyai unit usaha di mana-mana, misalnya BUM Desa punya usaha supermarket, tidak harus. Cukup berikan nilai tambah terhadap usaha warga di wilayahnya sehingga kian besar dan berdampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan warga,” ujar Abdul Halim Iskandar, saat meninjau UMKM pengrajin sepatu binaan BUM Desa Medali Beraksi di Desa Medali, Puri, Mojokerto, Senin (1/2/2022).

Gus Halim-sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-mengatakan BUM Desa Medali Beraksi terbukti mampu memberikan dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan warga Desa Medali. Pengurus BUM Desa Medali Beraksi dengan cerdik tidak tertarik membuka usaha baru yang terkesan wah. Namun mereka justru lebih konsentrasi membina ratusan perajin sepatu di desa mereka.

“Dengan pendampingan dari BUM Desa akhirnya para perajin sepatu di Desa Medali bisa meningkatkan kuantitas produksi, kualitas produksi, packaging hingga pemasaran ke market Internasional. Nah di sini BUM Desa maupun para perajin sama-sama mendapat keuntungan,” katanya.

Gus Halim menegaskan, kehadiran BUM Desa maupun BUM Desa Bersama tidak boleh menjadi pesaing baru bagi UMKM dan usaha warga. BUM Desa justru harus menjadi bagian solusi atas masalah yang sedang dihadapi para pelaku UMKM.

"Saya sangat bersyukur hari ini di Mojokerto, tempat leluhur saya, saya menemukan BUM Desa seperti yang saya harapkan selama ini," katanya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur itu berharap akan lahir BUM Desa maupun BUM Desa Bersama yang tidak hanya sekedar membentuk unit usaha dan mencari keuntungan untuk menambah APBDes, melainkan harus memikirkan nasib UMKM dan usaha warganya. Apalagi UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Baca Juga: Mampu Menjadi Konsolidator Usaha Warga, Gus Halim Apresiasi BUM Desa Medali Beraksi
Gus Menteri: BUMDes Tak Boleh Saingi UMKM

“Jangan berpikir terlalu jauh dan muluk atas jenis usaha paling tepat bagi BUM Desa. Lihat sekitarnya saja, apa yang menjadi kekuatan di desa maka fasilitasi dan perbesar. Insyaallah akan memberikan dampak positif bagi warga desa juga bagi BUM Des aitu sendiri,” katanya.

Sekedar informasi, Medali Beraksi merupakan salah satu BUM Desa yang mendapat apresiasi dan bakal jadi pilot project Gus Menteri, karena dinilai telah berhasil menjadi konsolidator dan fasilitator bagi UMKM perajin sepatu di Mojokerto, Jawa Timur. Setidaknya ada 120 pengrajin dibawah binaan BUM Desa Medali Beraksi, mereka didampingi langsung oleh BUM Desa Medali Beraksi terkait produksi, peningkatan kualitas dan juga pemasarannya.

Video Terkait