Nilai Tukar Rupiah Selasa Sore Melemah Jadi Rp14.350 per Dolar AS

Ilustrasi mata uang rupiah terhadap dolar AS (Foto Antara)

Editor: Yoyok - Selasa, 25 Januari 2022 | 15:25 WIB

Sariagri - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di pasar spot pada akhir transaksi, hari ini, Selasa (25/1) sore, ditutup melemah 15 poin atau 0,10. persen menjadi Rp14.350 per dolar AS dibandingkan posisi penutupan sehari sebelumnya Rp14.335 per dolar AS.

Selain rupiah, hingga pukul 15.00 WIB, sejumlah nilai tukar mata uang di kawasan Asia juga kalah melawan dolar AS, di antaranya dolar Taiwan turun 0,08 persen, krown Korea melemah 0,21 persen, rupee India anjlok 0,17 persen, ringgit Malaysia turun 0,01 persen, dan baht Thailand melemah 0,12 persen.

Sedangkan yen Jepang naik 0,06 persen, dolar Hong Kong stagnan, dolar Singapura menguat 0,22 persen, peso Filipina naik 0,07 persen, dan yuan China naik 0,04 persen.

Sebelumnya, pengamat pasar uang, Ariston Tjendra, sudah memperkirakan nilai tukar rupiah hari ini masih memiliki potensi pelemahan.

“Pasar masih mewaspadai hasil rapat kebijakan moneter the Fed di Kamis dini hari pekan ini. Indikasi pengetatan moneter yang lebih besar bisa mendorong penguatan dolar AS ke depan,” katanya.

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Selasa Sore Melemah Jadi Rp14.350 per Dolar AS
Rupiah Awal Pekan Ini Hanya Naik Tipis, Pasar Masih Tetap Tunggu Kebijakan Fed

Dari dalam negri, imbuh Ariston, kondisi peningkatan kasus Covid-19 juga masih diwaspadai pelaku pasar kalau-kalau pemerintah memberlakukan PPKM yang lebih ketat yang bisa menekan rupiah.

“Namun demikian, walaupun ada sentimen the Fed, rupiah masih bisa bergerak menguat. Kemungkinan karena pasar mempertimbangkan kondisi ekonomi Indonesia yang relatif stabil dari sisi inflasi, pandemi dan peluang pemulihan ekonomi ke depan dibandingkan kondisi yang terjadi di AS,” pungkasnya.

Video Terkait