IHSG Dibuka Melemah, Analis Rekomendasikan Saham-saham Pilihan Ini

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, beberapa waktu lalu (Antarafoto)

Editor: Yoyok - Selasa, 25 Januari 2022 | 09:35 WIB

Sariagri - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada Selasa (25/1) dibuka melemah 24,29 poin atau 0,36 persen ke posisi 6.630,88. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 5,31 poin atau 0,56 persen ke posisi 944,19.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, mengatakan IHSG tetap berada di bawah resistance krusial di level 6.754. Karena itu, IHSG berpeluang untuk membentuk skenario alternatif yang mengindikasikan adanya kelanjutan tren bearish.

Dia menyebutkan, formasi candle bearish harami muncul pada chart, sehingga mengindikasikan adanya potensi pergerakan ke bawah. "Namun demikian, IHSG bisa mengalami rebound selama tidak menyentuh ke bawah level 6.607," ucap Ivan.

Ivan menyebutkan, saat ini IHSG memiliki level support di posisi 6.660, 6.600 dan 6.575, sedangkan level resistance secara berturut-turut berada di posisi 6.738, 6.754 dan 6.798. "Berdasarkan indikator, MACD berada dalam kondisi netral," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya potensi koreksi lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian saham ADRO, ANTM, BBRI, PTBA, dan TINS.

Sementara itu, analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, memperkirakan pergerakan IHSG masih tertahan dalam rentang konsolidasi wajar dan berpeluang untuk berbalik ke jalur uptrend. Adapun rentang support-resistance yang dimiliki IHSG berada di level 6.606-6.743.

"Pola pergerakan IHSG terlihat kembali berada dalam rentang konsolidasi wajar. Namun selama support level terdekat masih mampu dipertahankan, maka IHSG masih memiliki peluang yang cukup besar untuk kembali dalam jalur uptrend jangka pendek," papar William.

Baca Juga: IHSG Dibuka Melemah, Analis Rekomendasikan Saham-saham Pilihan Ini
Investor Asing Koleksi Saham MCAS, BNI, Telkom, IHSG Ditutup Turun

Dia menyatakan, sentimen terkait fluktuasi harga komoditas maupun nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan mempengaruhi pergerakan IHSG . "Hari ini IHSG berpotensi untuk bergerak konsolidatif," kata William.

Pada perdagangan hari Indosurya Sekuritas merekomendasikan investor untuk mengoleksi saham ITMG, SMGR, BBNI, GGRM, TLKM, AALI, CTRA, dan AKRA.

Video Terkait