Ini Manfaat Habbatussauda untuk Anak-anak

Hortikultura - Ilustrasi Habbatussauda (Ihrmagazin)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Selasa, 25 Januari 2022 | 18:10 WIB

Sariagri - Masyarakat Indonesia sudah lama mengenal habbatussauda dan dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit.

Bagi umat islam sendiri jintan hitam ini mempunyai keistimewaan sendiri karena dapat menyembuhkan penyakit seperti yang disebutkan dalam hadits.

“Sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan didukung oleh kandungan di dalamnya seperti vitamin, asam amino, asam linoleat, saponin, minyak atsiri, protein, kalsium, natrium, kalium, dan banyak lagi.

Berbagai penelitian pun telah mengungkap fakta menarik terkait khasiat luar biasa habbatussauda atau jintan hitam.

Selain baik dikonsumsi orang dewasa, manfaat habbatussauda untuk kesehatan anak-anak juga telah dipercaya sejak lama.

Khasiat habbatussauda untuk anak tidak ada efek samping apa pun. Namun, habbatussauda sebaiknya tidak diberikan kepada anak bayi karena dapat menyebabkan alergi.

Jika ingin mendapatkan manfaat habbatussauda untuk anak-anak, lebih baik berikan pada anak berusia di atas satu tahun.

Berikut ini adalah manfaat habbatussauda untuk anak jika dikonsumsi secara rutin.

Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tanpa perlu ke dokter gigi, kamu dapat mengobati masalah sakit gigi anak secara tradisional dengan minum habbatussauda. Pembengkakan dan pendarahan gusi juga bisa diatasi hanya dengan konsumsi habbatussauda secara rutin, setidaknya dua kali sehari.

Mencegah Kram dan Kejang Otot (Epilepsi)

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami kejang otot dan kram perut. Nah untuk mengatasinya, coba berikan habbatussauda kepada anak setiap delapan jam selama empat minggu.

Menurut studi yang diterbitkan Medical Science Monitor, jintan hitam efektif untuk mengurangi frekuensi kejang (epilepsi) pada anak. Konsumsi habbatussauda juga bermanfaat menjaga kesehatan jasmani anak dan mencegah anak dari risiko penyakit lain.

Menyembuhkan Asma dan AlergiBaca Juga: Ini Manfaat Habbatussauda untuk Anak-anak
Ajaib! Mengenal Khasiat Pegagan, Tanaman untuk Panjang Umur



Manfaat habbatussauda untuk anak-anak bisa juga digunakan sebagai obat herbal menyembuhkan asma dan alergi. Khasiat ini dibuktikan dari studi yang diterbitkan oleh American Journal of Otolaryngology tahun 2011.

Pada jurnal itu disebutkan bahwa penderita asma yang mengkonsumsi kapsul minyak habbatussauda bisa mengontrol asma (sesak napas).

Khasiat habbatussauda tersebut berlaku bagi semua kalangan usia termasuk anak-anak. Selain asma dan alergi, masalah hidung tersumbat, gatal-gatal, dan bersin juga dapat disembuhkan dengan habbatussauda.

Meredakan Perut Kembung

Manfaat ekstrak jintan hitam dalam habbatussauda sudah sering digunakan sebagai obat pereda perut kembung.

Itu karena ada kandungan minyak atsiri di dalam habbatussauda yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan bermasalah.

Dengan minum habbatussauda, kelebihan gas dalam perut yang menyebabkan kembung pada anak segera teratasi.

Sumber Energi dan Kalsium Tinggi

Konsumsi habbatussauda setiap hari sebelum mulai beraktivitas bisa menjadi sumber energi. Khasiat ini didapatkan dari jumlah kalori habbatussauda yang sangat tinggi. Selain kalori, habbatussauda memiliki jumlah kalsium 60 mg untuk memenuhi asupan kalsium harian yang berperan menguatkan tulang.

Meningkatkan Daya Ingat Memori

Minum habbatussauda setiap pagi dapat membantu anak lebih berkonsentrasi dan meningkatkan daya ingat memori. Manfaat habbatussauda untuk anak-anak tersebut didapatkan dari kandungan asam linoleat yang mampu menyeimbangkan kinerja otak.

Video Terkait