3 Singa dan 2 Puma di Kebun Binatang Afrika Selatan Terjangkit Covid-19

Ilustrasi singa. (pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 20 Januari 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Tiga singa dan dua puma dipastikan terinfeksi virus corona, menurut studi baru-baru ini di Afrika Selatan.

Peneliti dari Universitas Pretoria mulai menyelidiki kedua jenis hewan tersebut di salah satu kebun bintang swasta di Johannesburg setelah sejumlah singa mengalami masalah pernapasan, pilek dan batuk kering.

Mereka menemukan bahwa COVID-19 ditularkan dari penjaga kebun binatang, yang beberapa di antaranya tidak bergejala.

Studi bernama SARS-CoV-2 Reverse Zoonoses to Pumas and Lions, South Africa itu juga mengungkapkan bahwa ketiga singa terinfeksi varian Delta,  sedangkan salah satu puma terinfeksi selama gelombang pertama pandemi, namun tidak dianalisis secara genetik.

"Penting juga untuk menilai risiko penularan selanjutnya antara hewan dan pelepasan (virus) berkepanjangan yang berpotensi menimbulkan varian baru," katanya.

Duh! Singa-singa di Kebun Binatang Ini Terinfeksi Virus Corona

Ilustrasi singa (Pexels)
Ilustrasi singa (Pexels)

Sariagri - Empat ekor singa di Kebun Binatang Singapura dinyatakan positif terkena virus corona, setelah melakukan kontak dengan penjaga kebun binatang yang terinfeksi dan memiliki gejala seperti batuk dan bersin.

Singa Asia yang terancam punah itu mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit pada akhir pekan, sehingga para pengelola kebun binatang melakukan tes virus corona.

Namun menurut layanan hewan dan dokter hewan pemerintah, kucing-kucing besar yang terinfeksi bersama dengan lima lainnya di taman Safari malam itu telah ditempatkan di ruang isolasi di kandang mereka.

"Semua singa tetap ceria, waspada dan aktif. Kami berharap singa akan sembuh total dengan perawatan suportif ringan," kata Sonja Luz, dari Mandai Wildlife Group, yang mengoperasikan taman tersebut, seperti dikutip phys.org.

Tiga penjaga Taman Margasatwa Safari Malam dipastikan telah terinfeksi. Taman ini adalah taman margasatwa terbuka yang menampung ratusan hewan, dan menyambut pengunjung di malam hari.

Singa Afrika di Kebun Binatang Singapura yang bersebelahan dengan Safari Malam juga jatuh sakit, dan para pengelola telah memerintahkan tes virus.Baca Juga: 3 Singa dan 2 Puma di Kebun Binatang Afrika Selatan Terjangkit Covid-19
China Waspadai Hewan Liar yang Rentan Kena COVID-19, Varian Baru?



Kebun Binatang Singapura dan Safari Malam tetap buka, meskipun kunjungan ke kandang singa telah ditutup sementara.

Sejumlah hewan di kebun binatang telah terinfeksi virus pada kesempatan sebelumnya. Singa, harimau, dan gorila telah dites positif di Kebun Binatang AS, sementara kucing dan anjing domestik juga terkena.

Singapura saat ini menghadapi wabah COVID-19 terburuk sejak awal pandemi, dengan catatan 2.000-3.000 kasus per hari dan beberapa kematian.


 

Video Terkait