Kerap Bikin Jengkel, Begini Cara Menghilangkan Bau Amis yang Tertinggal di Dapur

Demi mewujudkan dapur impiannya, Chef Arnold bahkan menggandeng arsitek dan tim handal. (Instagram.com/arnolpo)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Kamis, 20 Januari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Ketika selesai memasak hidangan seperti makan laut, tentu kamu akan mencium aroma amis yang tertinggal. Aromanya yang kuat tentu akan terasa sampai ke seluruh dapur.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi akan bau amis atau baunya yang tidak sedap. Ada loh beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menetralkan bau amis yang sudah kadung menyebar keseluruh dapur.

Meski sudah banyak bahan kimia yang pada dasarnya bisa membantu kamu menghilangkan bau tak sedap di dapur dalam hitungan detik. Tetapi, masih ada beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini ada beberapa trik yang bisa membantu kamu menghilangkan bau amis yang tertinggal di dapur. Yuk disimak!

1. Rendam fillet dalam susu

Sebelum kamu mengolah ikan fillet dengan cara yang biasanya kamu lakukan, kamu bisa kok memanfaatkan susu agar bau tidak sedap langsung menempel seisi ruangan dapur kamu.

Caranya cukup rendam ikan fillet kedalam wadah yang sudah kamu isi dengan susu selama 30 menit. Dengan cara sederhana ini dapat menghindari dapur kamu dari aroma amis yang tak sedap.

2. Biji kopi

Kopi saat ini sudah bukan menjadi minuman favorit lagi dengan segudang manfaatnya. Akan tetapi, kamu juga bisa loh memanfaatkan biji kopi untuk menetralkan bau amis yang tertinggal di dapur.

Caranya kamu hanya perlu memanggang beberapa biji kopi. Lalu dalam hitungan menit, bau tak sedap dijamin akan lenyap seketika.

3. Cuka putih

Penghilang bau alami yang paling baik adalah cuka putih. Berdasarkan artikel dari Fungsional Properti Cuka, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, cuka putih memiliki sifat antimikroba, sehingga cuka putih membantu mendisinfeksi.

Caranya, kamu cukup rebus satu cangkir cuka putih dan dua gelas air. Biarkan larutan terbuka sehingga uap yang dilepaskan saat mendidih menghilangkan bau tak sedap.

Kemudian, jangan membuang campurannya. Masukkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan lantai, meja dapur, dan wajan.

4. Kulit jeruk

Mungkin banyak dari kamu yang masih sering membuang kulit jeruk saat setelah selesai memakan buahnya. Padahal kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk dijadikan minyak esensial yang bisa mengeluarkan aroma kuat dan menenangkan.

Caranya, kamu bisa memotong kulit jeruk menjadi beberapa bagian, ini bisa juga unutk kulit jeruk lemon, jeruk, atau jenis jeruk lainnya. Kemudian, masukkan ke dalam panci berisi air yang banyak.

Setelah itu, rebus dengan panci namun jangan ditutup sehingga uap aromatiknya bisa keluar. Jika perlu, ulangi proses tersebut sampai bau amis atau bau tak sedap itu hilang.

5. Batang kayu manis

Aroma kayu manis sangat efektif melawan bau tak sedap sehingga tidak jarang ditemukan di banyak produk pembersih konvensional. Sama halnya dengan masalah menetralkan bau amis, batang kayu manis juga bisa kamu manfaatkan.

Caranya, rebus dua atau tiga gelas air dengan beberapa batang kayu manis. Biarkan dengan api kecil selama 10 atau 15 menit agar uapnya menyebar ke seluruh dapur.

Kamu juga dapat menggunakan metode lain yakni dengan meletakkan beberapa batang kayu manis ke dalam oven di atas nampan kue. Aroma yang mereka keluarkan akan menghilangkan bau amis dalam hitungan menit.

Video Terkait