Kasus Omicron pada Orang Telah Divaksin Booster Kembali Ditemukan di Cina

Ilustrasi - Vaksin Covid-19.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Setelah Kota Tianjin, kini Kota Zhuhai menjadi kota kedua di Cina yang didapati kasus positif COVID-19 varian Omicron. Kota Zhuhai berada di Provinsi Guangdong yang berbatasan langsung dengan Makau.

Dalam tes PCR berskala besar pada 14 Januari 2022 ditemukan tujuh kasus positif yang menimpa warga lokal. Dari tujuh kasus itu, hanya satu yang bergejala, sedangkan sisanya tidak bergejala.

Dampak ditemukannya kasus Omicron, semua penerbangan dari Zhuhai menuju Beijing dan kota di sekitarnya dibatalkan. Begitu pula jalan bebas hambatan dan jalur perairan menuju Zhuhai juga ditutup.

Pelabuhan Feri Makau yang terhubung dengan pelabuhan penyeberangan Wanzai di Zhuhai ditutup. Penutupan juga dilakukan di jalan bebas hambatan Guangzhou-Zhuhai dan pelabuhan penyeberangan Shekou di Kota Shenzhen dengan pelabuhan Jiuzhou di Zhuhai.

Baca Juga: Kasus Omicron pada Orang Telah Divaksin Booster Kembali Ditemukan di Cina
Epidemiolog Sarankan Penggunaan Vaksin Booster Secara Heterolog

Satu kasus bergejala di Zhuhai terjadi pada seorang perempuan berusia 53 tahun yang bekerja pada lembaga penitipan anak di Nanping. Media di Cina, Sabtu (15/1/2022) melaporkan pasien bergejala itu sudah pernah menerima suntikan penguat atau booster.

Pasien itu pernah mengunjungi pasar sayur di Zhongshan yang bertetangga dengan Zhuhai pada 8 Januari 2022. Hingga 13 Januari 2022 terdapat 142 kasus Omicron di Tianjin.(Ant)

Video:

Video Terkait