Presiden Jokowi Belikan Sepatu Tenun dan Tas Ketak untuk Ibu Negara Saat Kunjungi Mandalika

Presiden Joko Widodo (tengah) mengunjungi UMKM Bazar Mandalika di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022). (ANTARA FOTO)

Editor: M Kautsar - Jumat, 14 Januari 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Jokowi belanja produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di lokasi Bazar Mandalika dalam kunjungan kerja mengecek persiapan MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/1).

Saat meninjau pusat UMKM di Mandalika, Jokowi menyempatkan diri membeli kerajinan tangan untuk Iriana. Jokowi membeli sepatu tenun hasil kerajinan tangan milik Sentosa Sasak Tenun.

Jokowi membeli sepasang sepatu tenun motif Sundawa seharga Rp350 ribu. Selanjutnya presiden dan istri membeli dua tas kerajinan ketak.

Muhammad Maliki, pemilik usaha, mengaku sangat senang dikunjungi Presiden Jokowi dan Iriana. "Rasanya luar biasa, saya agak terharu juga. Presiden datang ke stand saya dan membeli produk saya. Saya bangga dan sangat senang," ujar pria asal Lombok Timur ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Belikan Sepatu Tenun dan Tas Ketak untuk Ibu Negara Saat Kunjungi Mandalika
Presiden Jokowi Beli Sepatu Dalam Negeri Buatan Greysia Polii

Presiden, kata Maliki, sangat terkesan dengan produk yang dibuatnya.

"Sempat Pak Presiden bilang ini unik, bagus. Makanya langsung beli," kata Maliki.

Selain membeli sepasang sepatu, Jokowi juga membelikan Iriana tas kerajinan berbahan rumput ketak. Jokowi membeli dua tas ketak masing-masing seharga Rp450 ribu dan Rp650 ribu. 

Pedagang mengaku sangat senang mendapatkan kesempatan menjual produknya ke presiden dan ibu negara. "Tentunya senang banget ya, karena tidak semua orang punya kesempatan, langsung dipilih sendiri oleh ibu dan bapak," kata pemilik usaha Mawar Ketak, Dian Eka Purnamasari (23).

Menurut dia, ibu negara memang sudah langganan membeli produknya. Salah satu keunggulan produknya yakni memliki kualitas bagus yang tetap dipertahankan.

Sebelum meninjau stand Bazar Mandalika dalam kunjungan kerjanya ke NTB, Presiden menjajal sendiri jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Ia menggunakan motor ubahan (custom) miliknya yang berwarna kombinasi hijau metalik-hitam, dengan sedikit aksen perak. Motor berjenis Kawasaki W175 tersebut memiliki kapasitas mesin 174 cc.

Beberapa lokasi yang ditinjau Presiden adalah Bundaran Bypass, Bukit Jokowi, hingga Bundaran Sunggung. Selain itu, Presiden juga meninjau dan mengecek persiapan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022.