Tinggalkan Skincare Mahal, Ampas Teh Mampu Atasi Sederet Masalah Kulit dan Wajahmu Lho!

Ilustrasi kantong teh (Foto:Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 12 Januari 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Minum teh sudah menjadi sebuah tradisi turun-temurun di Indonesia. Ia dinilai lebih praktis, tak heran banyak orang yang hampir di setiap rumahnya menyimpan teh celup. 

Menurut artikel yang ditulis Harvard Medical School, Kafein dan katekin, sejenis polifenol, dalam teh dapat membantu menurunkan berat badan. Katekin dalam teh dapat meningkatkan metabolisme yang membantu tubuh memecah lemak lebih cepat.

Selain itu, kafein dalam teh juga meningkatkan penggunaan energi yang memicu pembakaran kalori. Dari hasil riset pada tahun 2009 lalu yang dilakukan di Belanda juga membuktikan konsumsi teh sebanyak tiga cangkir per hari juga membantu mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen.

Nah, berbicara soal teh, biasanya setelah membuat teh, banyak orang yang langsung membuang kantong teh bekas yang sudah dipakai. Padahal ada manfaat lain dari ampas teh yang ada di dalam kantong. 

Manfaat ampas teh ternyata penuh antioksidan yang punya segudang khasiat untuk kecantikan. Dengan kandungan didalamnya, ampas teh diketahui sangat ampuh untuk menjaga kecantikan dan mengatasi masalah kulit, loh.

Langsung saja daripada penasaran berikut ini 6 manfaat ampas teh untuk kecantikan dan mengatasi masalah kulit dan wajah.

  1. Mengatasi mata panda dan juga kantung mata

Untuk kamu yang mengalami mata panda, kamu bisa loh memanfaatkan kantong teh bekas. caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan kantong teh bekas kedalam air es.

Rendam beberapa menit lalu tempelkan kantong teh tersebut sebagai kompres pada area kelopak mata yang ditutup rapat. Diamkan selama 10-15 menit. Lakukan ini 3 kali seminggu.

  1. Membuat kulit wajah lebih kencang dan kenyal

Kamu ingin kulit wajah menjadi lebih kencang dan kenyal? Gampang kok, kamu hanya butuh ampas teh saja. Caranya terapkan ampas teh yang masih basah ini pada wajah secara merata.

Kemudian diamkan hingga semalaman agar meresap dengan baik. Keesokan harinya, bilas wajah dengan menggunakan air.

  1. Memulihkan kulit yang terpapar sinar matahari

Kamu merupakan orang yang memiliki kulit sensitif pada sinar matahari? Untuk memulihkannya, kamu juga bisa menggunakan ampas teh.  

Cukup celupkan kantong teh bekas ke dalam air es dan gunakan sebagai kompres pada area kulit yang bermasalah. Lakukan ini secara berulang hingga kondisi kulit membaik dan ruam merah berkurang.

  1. Digunakan sebagai lulur mandi atau masker

Dalam pengalipkasiannya, kamu hanya perlu menyiapkan 3 sampai 4 kantong teh saja lalu keluarkan seluruh isi ampas teh yang ada di dalam kantongnya. Kemudian campurkan dengan 1 sendok makan penuh tepung beras dan satu sendok makan lulur mandi kemasan.

Aduk semuanya hingga merata dan bisa tambahkan sedikit air. Gunakan sebagai lulur pada seluruh tubuh dan dapatkan manfaat baiknya untuk kulit.

  1. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk

Senyawa antihistamin yang terdapat pada kantong teh juga ampuh mengatasi rasa gatal dan kemerahan akibat gigitan nyamuk. 

Baca Juga: Tinggalkan Skincare Mahal, Ampas Teh Mampu Atasi Sederet Masalah Kulit dan Wajahmu Lho!
Makin Mendunia, Teh Hijau Cina Laris Manis di Pasar Luar Negeri

Cukup usapkan ampas teh celup yang masih dalam kondisi hangat pada area yang digigit nyamuk dan biarkan mengering. Rasa gatal dan kulit kemerahan akan hilang.

  1. Mengobati bisul

Selain untuk kecantikan, kantong teh celup bekas juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Cukup gunakan kantong teh bekas yang masih basah sebagai kompres pada bisul. Kemudian diamkan hingga mengering. Lakukan hal ini secara berulang hingga bisul membaik dan kempes.

Video Terkait