Fakta di Balik Sosok Akagami no Shanks, Yonko Kuat Bukan Pemakan Buah Iblis di Serial One Piece

Kru Bajak Laut Akagami no Shanks. (Sariagri/Istimewa)

Editor: Reza P - Selasa, 11 Januari 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Akagami no Shanks merupakan salah satu tokoh kuat dan populer di dalam serial manga dan anime One Piece. Muncul sejak awal, Shanks membuka cerita perjalanan Monkey D. Luffy yang memang sejak awal ingin menjadi bajak laut seperti dirinya. Tak heran jika Monkey D. Grap kakek dari Luffy sangat membenci pria berambut merah ini.

Dalam serial One Piece, Shanks bukanlah tokoh yang sering muncul sehingga ia menjadi sosok yang sangat misterius. Hingga kini juga belum bisa diketahui seberapa hebat kekuatannya. Yang diketahui adalah bahwa Shanks bukan pemakan buah iblis, namun bisa mencapai posisi Yonko. Dan ia juga merupakan satu-satunya Yonko bukan pemakan buah iblis. Shanks juga merupakan Yonko termuda dari ketiga Yonko lainnya.

Di cerita awal One Piece pertemuan Shanks dan Luffy, untuk pertama kalinya ada karakter yang menggunakan Haki. Saat itu Shanks memperlihatkannya ketika hendak menolong Luffy yang tenggelam dan akan dimakan hewan laut. Shanks juga menjadi karakter pertama yang menggunakan Haoshoku Haki di serial ini.

Shanks merupakan kru dari raja bajak laut Gol D. Roger. Dalam beberapa kali kisah flashback memang belum terlihat kekuatan dari Shanks. Itu karena ia masih muda. Namun pasca Roger dieksekusi mati oleh marine, Shanks memilih jalan bajak lautnya dengan mengumpulkan kru membentuk bajak laut rambut merah (Akagami). Hingga akhirnya hanya selang beberapa tahun pasca tragedi itu, Shanks dengan sekumpulan kru kuatnya bisa mencapai Yonko. Auro Kekuatannya sebagai Yonko terlihat saat memberhentikan pertarungan besar di Marine Fort.

Bukan Pemakan Buah Iblis, Shanks Jadi Yonko Kuat yang Banyak Penggemar


Sebagai Yonko yang tidak memakan buah iblis, Shanks dikenal sebagai pendekar pedang layaknya Zoro dan Mihawk. Shanks memiliki pedang bernama Gryphon yang hingga kini belum diketahui kekuatannya. Fans berkonspirasi bahwa pedang milik Shanks termasuk pedang langka yang kekuatannya setara dengan pedang milik Mihawk. Dalam beberapa kali pertemuan diceritakan bahwa Shanks dan Mihawk berduel. Jika ditarik kesimpulan, tidak mungkin Shanks bisa menahan serangan pedang kelas Saijo O Wazamono milik Mihawk jika ia hanya menggunakan pedang biasa.

Baca Juga: Fakta di Balik Sosok Akagami no Shanks, Yonko Kuat Bukan Pemakan Buah Iblis di Serial One Piece
Kekuatan Rahasia Buah Iblis Gomu Gomu no Mi Luffy One Piece yang Setara dengan Para Yonko

Shanks mempunyai kepribadian yang tenang dan santai. Menurut Oda, karakter Shanks merupakan cerminan dari dirinya. Bisa dibilang kepribadian Shanks sangatlah mirip dengan Oda. Tidak heran dengan karakter dan pembawaannya, Shanks memiliki banyak penggemar. Pada fans poll One Piece ke-6, Shanks menduduki posisi 11 yang menjadikannya Yonko paling terkenal di serial anime ini.

Tidak hanya para fans saja yang mengidolakan Shanks, Luffy juga sangat mengidolakannya. Topi jerami pemberian Shanks ke Luffy menjadi benang merah dan lahirnya kelompok bajak laut topi jerami (Mugiwara). Luffy berjanji akan mengembalikan topi jerami Shanks ketika ia berhasil mencapai One Piece dan menjadi raja bajak laut.