Negara Ini Buka Tiga Lokasi Wisata untuk Turis Asing Tanpa Wajib Karantina

Ilustrasi - Pantai di Thailand.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 11 Januari 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Thailand telah membuka tiga lokasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan. Dilansir The Star, turis asing yang sudah divaksinasi dapat berkunjung ke Krabi, Phang Nga dan Koh Samui tanpa harus menjalani karantina saat tiba di negara itu dengan batas waktu selama sepekan. 

Pelonggaan aturan itu sebagai upaya lain Thailand untuk memulai kembali industri pariwisata yang sempat terpuruk karena COVID-19 ditambah munculnya varian Omicron yang berpotensi memicu gelombang baru.

Sejak minggu lalu, Thailand telah memperlonggar aturan turis masuk ke negaranya. Dampaknya, selama dua bulan sejak pembukaan negara itu untuk turis asing mampu menarik sekitar 350 ribu pelancong.

Jumlah itu dinilai cukup menggembirakan, mengingat sektor pariwisata berkontribusi hampir seperlima terhadap ekonomi Thailand sebelum pandemi. Sektor ini menghasilkan lebih dari 60 miliar dolar AS pada 2019 dari kedatangan 40 juta turis asing ke negara itu.

“Pelonggaran itu saat peak season sehingga dampaknya pada sektor ini cukup signifikan,” ujar Presiden Asosiasi Pariwisata Koh Samui, Ratchaporn Poolsawadee.

Sementara itu, ekonom Deutsche Bank AG, Julian Lee mengatakan munculnya varian baru dan kontrol perbatasan dapat menimbulkan risiko pada sektor pariwisata Thailand. 

"Faktanya, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk normalisasi penuh pariwisata global. Ini akan butuh waktu bagi wisatawan untuk mendapatkan kepercayaan diri bepergian ke luar negeri - orang akan enggan bepergian ke tempat-tempat yang jauh dan asing sampai mereka yakin tentang kemanjuran perawatan,” kata Julian. 

Phuket merupakan provinsi partama di Thailand yang membebaskan wajib karantina bagi pelancong sudah divaksin sejak 1 Juli 2020. Saat ini provinsi itu harus bergulat dengan lonjakan terbesar dalam kasus harian sejak pandemi dimulai, dengan sekitar 60% tempat tidur rumah sakit terisi.

Meski begitu, pejabat setempat berjanji untuk melanjutkan program itu, dengan mengatakan sistem perawatan kesehatan pulau itu dapat mengatasinya.

"Situasi wabah di Phuket tidak berbeda dengan banyak negara lain. Kami sekarang menambah kapasitas bagi para pelancong untuk mengisolasi diri di kamar hotel," kata Presiden Asosiasi Turis Phuket, Bhummikitti Ruktaengam.

Baca Juga: Negara Ini Buka Tiga Lokasi Wisata untuk Turis Asing Tanpa Wajib Karantina
AS Catatkan 1,1 Juta Kasus Covid-19 dalam Sehari

"Apa yang dilakukan Thailand dengan penangguhan dan penyesuaian menunjukkan kami cepat melakukan panggilan untuk membatasi kerusakan dan membuat perubahan saat kami mempelajari lebih lanjut," tambahnya. 

Kasus COVID-19 melonjak di Thailand usai liburan dan perayaan Tahun Baru ditambah kasus Omicron menjadi mayoritas infeksi baru. 

Video:

Video Terkait