Penuhi Kebutuhan Pengairan Sawah, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi di Atas Perahu Naga

Presiden Jokow resmikan bendungan Ladongi. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 28 Desember 2021 | 14:10 WIB

Sariagri - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ladongi dan Kolam Retensi Boulevard Sungai Wanggu dari atas perahu naga di Bendungan Ladongi, Desa Atula, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Bendungan Ladongi sudah selesai dibangun. Dengan ini saya nyatakan diresmikan," ujar Presiden di Desa Atula, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (28/12/2021).

Peresmian Bendungan Ladongi dengan daya tampung 45,9 juta meter kubik dari atas Perahu Naga disambut tepuk tangan pejabat dan para atlet.

Pada kesempatan itu, ditandatangani prasasti Bendungan Ladongi dan Kolam retensi Sungai Wanggu Kota Kendari. Bendungan Ladongi dengan genangan 222 hektare diharapkan memenuhi kebutuhan pengairan persawahan Kabupaten Kolaka Timur, Kolaka dan Konawe.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Pengairan Sawah, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi di Atas Perahu Naga
Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo, Presiden Jokowi: Untuk Tingkatkan Produktifitas Pertanian

"Dengan adanya bendungan maka kedaulatan pangan, kekuatan pangan dan kemandirian pangan dapat diwujudkan dengan baik," ujarnya.

Selain memenuhi kebutuhan pengairan juga Bendungan Ladongi dapat dikembangkan sebagai fungsi sumber tenaga listrik, destinasi wisata dan pembinaan olahraga dayung.