Salut, Seorang Dokter 'Dibayar' dengan Hasil Alam Usai Lakukan Operasi di Baduy Dalam

Suku baduy dalam bayar seorang dokter dengan hasil alam. (Twitter)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 22 Desember 2021 | 13:10 WIB

Sariagri - Rasa kemanusiaan tak pernah memandang suku atau ras apapun, seperti yang dilakukan oleh Dr Omat Tachmat Hasbullah dan tim yang melakukan tindakan operasi di Kampung Cibeo Baduy Dalam.

Diketahui, selama ini suku baduy begitu lekat dengan alam. Tenaga kesehatan seperti dokter begitu awam bagi mereka. Namun, baru-baru ini kisah viral terjadi di media sosial.

Sebuah kisah kehadiran dokter yang melakukan tindakan operasi pada pasien Kampung Cibeo Baduy Dalam. Bahkan sang tenaga kesehatan menerima bayaran dari hasil alam warga kampung baduy dalam.

“Alhamdulillah… siang setelah solat Jumat, Dr Omat Tachmat Hasbullah dan tim beserta bidan yang stand by di Poskesdes melakukan tindakan operasi pada pasien Kampung Cibeo Baduy Dalam,” tulis pengunggah @gloriahermawan dalam cuitannya.

Tindakan operasi dilakukan di Binong Nangerang yang merupakan lokasi perbatasan antara Baduy dan Kampung Kebon Cau. Padahal, tindakan medis seperti operasi sangat sulit dilakukan dalam adat Baduy Dalam. Bahkan mereka juga dilarang untuk naik kendaraan.

Proses observasi, analisa, keputusan serta tindakan harus dilakukan secara musyawarah dan melalui persetujuan berbagai pihak. Jaro Sami, selaku kakek dari Mursid, pasien yang dioperasi mengatakan bahwa dirinya khawatir dengan kondisi cucunya usai setahun lalu terkilir. Namun tak kunjung membaik, meski telah dibawa ke berbagai tukang urut yang ada.

Selain itu, menganggap hal ini adalah sesuatu yang baru, ratusan warga Baduy Dalam menunggu di luar saat operasi berlangsung. Bahkan, beberapa warga Baduy Dalam juga mendatangi dokter untuk mengetahui hasilnya.

Tak sedikit dari mereka yang meminta dokter untuk memeriksakan anak maupun diri mereka sendiri. Kehadiran dokter dalam masyarakat Baduy Dalam seakan menjadi harapan warga untuk mencari makna sehat untuk mereka.

Baca Juga: Salut, Seorang Dokter 'Dibayar' dengan Hasil Alam Usai Lakukan Operasi di Baduy Dalam
10 Makanan Ini Efektif Redakan Sakit Perut

Kakek dari pasien, Jaro, Ayah pasien memberikan pisang tanduk, gula aren dan juga durian sebagai ungkapan terima kasih. Diketahui, ini menjadi sejarah baru, dimana dokter spesialis bedah tulang datang ke Baduy dan melakukan operasi bagi warga Baduy Dalam.

"Ini menarik bagi saya, ada dokter yang mau ‘dibayar’ pakai hasil bumi. Hatur nuhun Pak Dokter Omat Tachmat Hasbullah dan tim yang sudah mau datang ke Baduy, semoga Allah membahas amal kebaikannya dengan yang lebih baik … Amin,” pungkas penguggah.

Video Terkait