Perhatikan Saham-saham Pilihan Analis Hari Ini

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Editor: Yoyok - Selasa, 21 Desember 2021 | 09:15 WIB

Sariagri - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (21/12), diperkirakan kembali melanjutkan proses penurunan, setelah kemarin ditutup melemah 0,83 persen ke level 6.547.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, mengatakan laju IHSG akan meneruskan tren bearish jangka pendek.

"IHSG diperkirakan menguji kembali support-nya di level 6.480, karena kemarin ditutup di bawah support sebelumnya di 6.562," kata Ivan.

Menurutnya, peluang skenario bullish akan tetap ada selama IHSG tidak menembus ke bawah 6.480. Saat ini IHSG memiliki support di level 6.528, 6.480 dan 6.464, sedangkan resistance di 6.593, 6.629 dan 6.655. "Indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence) menandakan kondisi bearish," ujar Ivan.

Dengan demikian, menurut Ivan, potensi terjadinya pelemahan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian saham ANTM, BBNI, INCO, PGAS, dan TKIM.

Sementara itu, Tim Riset PT Victoria Sekuritas menyatakan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan kembali melemah.

Baca Juga: Perhatikan Saham-saham Pilihan Analis Hari Ini
IHSG Dibuka Melemah, Analis Rekomendasikan Saham-saham Ini

"Untuk perdagangan Selasa, kami memperkirakan IHSG berpeluang melemah," tulis Victoria Sekuritas.

Saat ini IHSG memiliki level support di posisi 6.507 sedangkan resistance berada di level 6.672. Sejauh ini pelaku pasar dinilai masih mengkhawatirkan sentimen terkait varian Omicron yang mulai memasuki Indonesia, sehingga berpotensi adanya penerapan PPKM secara ketat.

Pada perdagangan hari ini, Tim Riset Victoria Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar agar mengakumulasi pembelian saham BBRI yang saat ini memiliki rentang support-resistance di level 4.050-4.300.

Video Terkait