Temui Keluarga Rumini Korban Erupsi Semeru, Baim Wong Janjikan Ini

Baim Wong saat menemui keluarga Rumini korban erupsi gunung Semeru. (Sariagri/Youtube Baim Paula)

Editor: Reza P - Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:30 WIB

Sariagri - Indonesia kembali berduka akibat Erupsi Gunung Semeru yang banyak menelan korban jiwa. Namun, kisah salah seorang korban menjadi viral di media sosial lantaran jenazah perempuan ditemukan berpelukan.

Perempuan tersebut adalah Rumini (28) ditemukan berpelukan dengan ibu mertuanya Salamah (70). Ketika terjadi erupsi Rumini memilih untuk kembali ke rumah dan melindungi sang mertua yang sudah lansia, ketimbang menyelamatkan dirinya.

Mereka meninggal dunia tergulung oleh awan panas dari Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kisah Rumini tersebut mengundang empati dari salah seorang artis Ibu Kota, Baim Wong dan menarik dirinya untuk membantu keluarga dari Rumini. Suami dari Paula Verhoeven tersebut berjanji akan membiayai pendidikan anak dari Rumini.

Janji tersebut dibagikan baim lewat kanal Youtube pribadinya Baim Paula, Baim pun mendengarkan cerita ketika jenazah Rumini ditemukan oleh adik dan kakak iparnya.

“Jam lima atau setengah enam mbak ketemu di rumah, di dapuran ambruk,” ungkap adik Rumini seperti dikutip, Sabtu (18/12).

Warga lainnya yang menemukan jenazah Rumini dan ibu mertuanya mengakui bahwa wajah Salamah tak terluka sama sekali. Hal tersebut semakin menguatkan bahwa Rumini melindungi mertuanya dengan sepenuh hati agar terhindar dari lahar panas.

“Muka mertua utuh enggak ada luka sama sekali. Kan dilindungi sama istri saya,” ujar Imam, suami dari Rumini.

Sementara itu tubuh bagian belakang Rumini diduga sempat terkena aliran lahar.

“Pas ditemuin posisinya gimana?” tanya Baim Wong. “Bu Salamah lagi telentang, ibu Rumini tengkurap meluk gini. Dia melindungi,” kata kerabat Rumini.

Imam suami Rumini mengaku tak diizinkan melihat jenazah istrinya untuk yang terakhir kalinya, sebab ditakutkan dia akan mengalami trauma. Mendengar hal tersebut Baim pun menenangkan hati beliau.

“Saya mau lihat jenazah nggak boleh sama saudara takut nggak kuat,” kata Imam. “Enggak apa-apa untuk kebaikan ya,” sahut Baim Wong.

Baca Juga: Temui Keluarga Rumini Korban Erupsi Semeru, Baim Wong Janjikan Ini
Adanya Peningkatan Status Gunung Semeru, Menteri ESDM Imbau Warga Tidak Beraktivitas

Mengenang semasa hidup Rumini, diakui oleh suaminya bahwa Almarhumah adalah sosok perempuan yang taat beribadah. Dikatakannya Rumini juga rajin melaksanakan sholat tahajud, selain itu Rumini juga dikenal tak pernah marah dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

“Sebelum subuh, masak jam tiga. Ngurusin ibu, ngurusin saya juga, buat kopi,” ujar Imam.

Mendengar kisah tersebut, Baim Wong memutuskan untuk membantu keluarga Rumini. Dia pun berjanji akan membiayai pendidikan anak Rumini hingga kuliah.

“Saya biayain sampai dia kuliah. Mau iya?” pungkas Baim Wong.

Video Terkait