Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Pebisnis dan Cara Jitu Meningkatkan Penjualan

Ilsutrasi Keuangan Digital (Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Memiliki perencanaan keuangan yang baik serta memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) dapat membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan.

Agar para pelaku usaha lebih sadar pada literasi dan perencanaan keuangan serta kiat-kiat pemasaran di era digital, Lifepal mengajak 4 pelaku usaha berkolaborasi dalam kegiatan webinar “Maximize Your Traffic Using SEO Funnel & The Importance of Financial Planning for Business Owners”.

Adapun 4 UKM/UMKM/Startup yang bergabung dalam webinar kali ini terdiri dari Jala, Jobhun, Minapoli, dan Sariagri.

Dalam webinar kali ini, materi disampaikan oleh Perencana Keuangan yang juga Financial Educator Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® serta SEO Specialist Lifepal.co.id, Tama Andy.

Dalam kesempatan ini, para pembicara mengungkapkan cara memaksimalkan SEO dan membangun perencanaan keuangan yang baik.

Perencana Keuangan Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® mengungkapkan pentingnya bagi pelaku usaha memiliki perencanaan keuangan yang baik agar usaha yang dijalani dapat berjalan lancar.

Sehingga, bukan tak mungkin usaha yang dijalani dapat menghasilkan revenue yang lebih besar.

Kenali bisnis merupakan sebuah investasi

Bisnis merupakan sebuah investasi. Umumnya orang berbisnis dengan tujuan utama mendapatkan penghasilan tetap, ataupun ingin merdeka finansial.

Namun, sebelum berinvestasi atau berbisnis, sebaiknya menjaga keamanan finansial terlebih dahulu. Adapun cara-caranya terdiri dari:

Memperbaiki cash flow

Untuk mempermudah proses pencatatan arus kas bisnis dan keuangan, maka kamu wajib memiliki rekening yang terpisah antara rekening pribadi dan bisnis. .

Agar kesehatan keuangan usaha, saat menjalani bisnis, maka kamu bisa menggaji diri sendiri. Pengeluaran atas gaji akan masuk ke bagian beban operasional usaha kamu.

Sementara itu, laba bersih yang didapat tentu bisa digunakan untuk kebutuhan ekspansi usaha.

Tetapkan pengeluaran bulanan kamu

Perhitungan pengeluaran bulanan, mulai dari kebutuhan yang bersifat wajib, butuh, dan ingin menjadi langkah selanjutnya yang bisa kamu jalani.

Adanya risiko usaha membuat pemasukan kamu tidak menentu. Karena itu, usahakan agar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan sehari-hari bersifat tetap.

Sehingga kamu bisa menghitung berapa dana darurat dan uang pertanggungan asuransi yang dibutuhkan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat yang memadai wajib dimiliki setiap pelaku usaha, mengingat penghasilan kamu sebagai entrepreneur tidak tetap.

Risiko berkurang atau hilangnya penghasilan karena usaha berpotensi terjadi kapan saja. Bagi pengusaha baru, tidak ada salahnya menyiapkan dana darurat setara 2 tahun pengeluaran kamu.

Dana darurat ini berfungsi sebagai dana untuk memitigasi risiko di saat kamu tidak bisa mencetak penghasilan bersih dari usaha.

Pentingnya memiliki asuransi

Berdasarkan data dari Global Medical Trends Survey Reports yang dipublikasikan Willis Tower Watson, kenaikan tren biaya medis di Indonesia diproyeksi akan meningkat 12% (gross) di tahun 2021 ini.

Dengan begitu, tanpa asuransi kesehatan, maka kamu akan membayar biaya yang sangat tinggi untuk menjalani pengobatan dan perawatan medis.

Jika kamu masih menjadi karyawan di sebuah perusahaan, maka kemungkinan besar mendapatkan asuransi kesehatan dengan manfaat yang baik, dan bisa melindungi anggota keluarga lain mulai dari pasangan hingga anak ketiga sudah dikantongi.

Sementara pendapatan kita belum tentu mengalami kenaikan tinggi tiap tahunnya, oleh karena itu dibutuhkan asuransi kesehatan. Bagi yang memiliki BPJS Kesehatan, tetap bisa dilengkapi dengan asuransi swasta.

Salah satu alasannya adalah pasien asuransi lebih fleksibel dalam mendapatkan layanan perawatan dibandingkan BPJS Kesehatan.

Selain itu, jika kamu adalah pencari nafkah utama, maka kamu wajib melindungi keluarga dengan memiliki asuransi jiwa.

Ketahui pula bahwa semakin tua usia kamu ketika membeli asuransi, makin mahal pula premi yang harus kamu bayarkan.

Selain pentingnya memiliki asuransi, para pelaku usaha juga mendapat pengetahuan bagaimana cara meningkatkan penjualan lewat SEO funneling yang dipaparkan Andy Tama selaku SEO Specialist Lifepal.co.id.

Tingkatkan bisnis melalui SEO Funneling

Pelaku usaha tidak hanya harus mengetahui cara mengatur keuangan saja, tapi juga cara-cara meningkatkan bisnisnya. Salah satunya, menggunakan SEO Funneling.

Tama Andy, SEO Specialist Lifepal, menjelaskan bahwa teknik SEO Funneling dapat membantu kamu yang sedang menjalani usaha atau bisnis berbasis online (digital marketing).

“Masyarakat saat ini lebih suka ditolong, bukan diprospek. Jadi soft selling atau inbound marketing. Metode untuk digital marketing adalah content marketing,” jelasnya.

Baca Juga: Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Pebisnis dan Cara Jitu Meningkatkan Penjualan
BI: UMKM Pengguna QRIS Capai Lebihi Target di 2021, Ada 13 Juta Merchant

Metode Tepat

SEO Funneling menjadi metode content marketing yang tepat. Pasalnya, metode ini sangat mengerti karakter pembeli yang lebih memilih soft selling dibandingkan hard selling.

Dimulai dengan awareness, saat seseorang memiliki masalah dan mencari solusinya di internet.

Di tahap ini, brand usaha milik kamu terpilih menjadi solusi dan mulai dikenal, namun cenderung belum mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.

Video Terkait